Jokowi: Banyak yang Menggembirakan dan Kurang Menyenangkan di 2022

Laporan: Sinpo
Sabtu, 31 Desember 2022 | 23:40 WIB
Presiden Joko Widodo/ Setkab
Presiden Joko Widodo/ Setkab

SinPo.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertekad membawa Indonesia melangkah maju pada 2023. Dalam Instagram resminya, Jokowi menyebut tahun 2022 memberi banyak pelajaran.

"Apa yang patut kita kenang dari tahun 2022 yang segera kita tinggalkan? Banyak. Ada yang menggembirakan, tak sedikit pula yang kurang menyenangkan," ujar Jokowi.

"Semua datang silih berganti, memberi pelajaran, sekaligus menguatkan dan semakin mempersatukan," sambungnya.

Jokowi juga juga menyampaikan pencapaian Indonesia menjalankan dengan baik jabatan presidensi G20 yang ditutup dengan KTT G20 di Bali pada pertengahan November lalu. Di lain sisi, Jokowi juga mengingatkan bahwa Indonesia berhasil melewati masa pandemi dan ancaman resesi lewat perekonomian yang tumbuh positif.

"Presidensi G20 berjalan dengan baik, situasi politik dan keamanan dalam negeri yang kondusif, pembangunan infrastruktur dan sumberdaya manusia berjalan sesuai rencana dan lain-lain," tulisnya.

Meski demikian, Jokowi tak menampik fakta bahwa sepanjang tahun beberapa kawasan di Indonesia dilanda berbagai bencana alam mulai dari banjir hingga gempa bumi.

"Sementara itu, di beberapa kawasan di negeri kita tahun ini dihentak bencana alam banjir, longsor, hingga gempa bumi," kata Jokowi.

Lebih jauh Jokowi mengajak segenap masyarakat untuk menatap tahun 2023 dengan tekad membawa Indonesia terus melangkah maju.

"Dengan bekal itu semua, kita meninggalkan 2022 dan menatap 2023 dengan tekad untuk membawa Indonesia melangkah maju," pungkasnya.sinpo

Komentar: