Pendukung Jokowi Ramai-ramai Dukung Prabowo, Pengamat: Sangat Logis!

Laporan: Bayu Primanda
Kamis, 19 Januari 2023 | 10:45 WIB
Kebersamaan Prabowo dan Jokowi/Tim Media
Kebersamaan Prabowo dan Jokowi/Tim Media

SinPo.id -  Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis hasil survei mereka terkait arah dukungan masyarakat terhadap calon presiden di Pilpres 2024.

Dalam survei tersebut, LSJ menyebut mayoritas pendukung Jokowi memilih Prabowo sebagai penerus ketimbang calon lainnya.

Menanggapi survei LSJ, Analis Politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting, Arif Nurul Imam mengatakan bahwa hal itu wajar, mengingat Prabowo sangat menonjol kinerjanya selama menjabat Menteri Pertahanan RI.

"Soal hasil survey LSJ yang menemukan bahwa pendukung Jokowi sebagian juga mendukung Prabowo tentu sangat logis," kata Arif saat dikonfirmasi, Kamis, 19 Januari 2023.

Arif menyebut kedekatan Prabowo dengan Jokowi layak dianggap masyarakat mampu meneruskan program-program yang telah dicanangkan Jokowi selama 2 periode terakhir.

"Ini karena masyarakat melihat Prabowo memiliki kedekatan dengan Jokowi, selain dianggap akan meneruskan program pemerintah saat ini," kata Arif.

Diberitakan sebelumnya, dalam survei LSJ menunjukkan mayoritas pemilih Prabowo pada Pilpres 2019 atau 62,2% tetap loyal memilih Ketua Umum Partai Gerindra tersebut. Direktur Riset LSJ Fetra Ardianto pun mengatakan isu migrasi suara pendukung Prabowo Subianto ke Anies Baswedan, tidak terbukti. 

"Isu migrasi pendukung Prabowo Subianto ke Anies Baswedan ternyata dominan terjadi di dunia maya (media sosial). Realitas di akar rumput sebagaimana terpantau dari survei LSJ menegaskan bahwa pendukung Prabowo termasuk loyal voters yang fanatik yang tidak mudah terombang ambingkan isu-isu yang beredar di dunia maya," kata Fetra.

Selain itu, LSJ juga menyoroti isu tentang arah dukungan Pemilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) di 2019 terhadap tokoh-tokoh yang disebut bakal melanjutkan estasfet kepemimpinannya. Hasilnya, Fetra mengatakan tren migrasi pendukung Jokowi kepada Prabowo Subianto terus meningkat.

"Dalam simulasi Pilpres 2024 hanya diikuti tiga capres, sebanyak 40,6% pemilih Jokowi di Pilpres 2019 mengaku akan memilih Prabowo jika Pilpres dilaksanakan saat ini," ujarnya.sinpo

Komentar: