Jokowi: Indonesia Berdiri dalam Solidaritas dengan Rakyat Turki dan Suriah

Laporan: Sinpo
Selasa, 07 Februari 2023 | 00:28 WIB
Ilustrasi. (Sezgin Pancar/Anadolu Agency via Getty Images).
Ilustrasi. (Sezgin Pancar/Anadolu Agency via Getty Images).

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan belasungkawa atas insiden gempa di Turki dan Suriah pada Senin 6 Februari 2023. Pernyataan belasungkawa disampaikan di akun twitter resminya, @jokowi.

"My deepest condolences to the people of Syria and Türkiye following the earthquake this morning across southeast Türkiye and northern Syria. Our thoughts and prayers are with the families and victims. Indonesia stands in solidarity with the people of Türkiye and Syria," tulis Jokowi.

"Belasungkawa terdalam saya kepada orang-orang Suriah dan Turki setelah gempa bumi pagi ini di tenggara Turki dan Suriah utara. Pikiran dan doa kami bersama keluarga dan korban. Indonesia berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Turki dan Suriah," tulis Jokowi.

2.308 orang, 1.498 orang di Turki dan 810 orang di Suriah, dilaporkan tewas akibat gempa pada Senin 6 Februari 2023. Gempa juga mengakibatkan 7.600 orang di Turki dan 1.280 di Suriah terluka dan ribuan bangunan rubuh. 

Seperti dilansir AFP dan The Guardian, korban tewas diperkirakan akan meningkat. Selain itu, gempa susulan juga diprediksi dapat berlanjut selama berhari-hari atau berminggu-minggu.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan di Twitter bahwa "tim pencarian dan penyelamatan segera dikirim" ke daerah yang dilanda gempa.

Sementara itu, hastg tanda pagar #PrayForTurkey menggema di akun media sosial hingga menjadi trending topic Twitter.

#PrayForTurkey memuncaki trending topic Twitter. Ada 52.500 tweet terkait dengan hal ini.

Para netizen menyampaikan bela sungkawa dan ikut bersedih serta bersimpati untuk Turki. Banyak yang membagikan link berita terbaru terkait gempa Turki.sinpo

Komentar: