Irak Lancarkan Serangan ke Pangkalan Militer AS di Timur Laut Suriah

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 23 April 2024 | 06:36 WIB
Sumber Foto: X
Sumber Foto: X

SinPo.id -  Irak melancarkan serangan dengan menembakkan sejumlah roket dari kota Zummar menuju pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di timur laut Suriah.

Serangan yang menargetkan pasukan AS tersebut terjadi sehari setelah Perdana Menteri Irak Mohammed Shia al-Sudani, kembali dari kunjungannya ke Amerika Serikat untuk bertemu dengan Presiden Joe Biden.

"Faksi-faksi bersenjata di Irak telah memutuskan untuk melanjutkan serangan setelah jeda hampir tiga bulan karena hanya melihat sedikit kemajuan dalam pembicaraan untuk mengakhiri koalisi militer pimpinan AS di Suriah," tulis sebuah postingan dalam grup yang berafiliasi dengan Kataib Hizbullah. Dilansir dari Al Jazeera, Selasa 23 April 2024.

Namun, Kataib Hizbullah mengatakan pihaknya tidak mengeluarkan pernyataan yang mengklaim akan kembali melakukan serangan terhadap pasukan AS.

Seperti diketahui, penargetan pasukan AS di wilayah tersebut semakin intensif setelah perang di Gaza dimulai pada tanggal 7 Oktober lalu.

Bahkan pada bulan Januari 2024, tiga anggota militer AS dilaporkan tewas dan sedikitnya 34 pasukan lainnya terluka dalam serangan pesawat tak berawak di timur laut Yordania dekat perbatasan Suriah.sinpo

Komentar: