Jokowi Tegaskan Kejar Aset Obligor BLBI Tak Kooperatif

Laporan: Khaerul Anam
Selasa, 07 Februari 2023 | 17:31 WIB
Presiden Joko Widodo di Istana Negara (SinPo.id/Dok. Setkab)
Presiden Joko Widodo di Istana Negara (SinPo.id/Dok. Setkab)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan terus mengejar aset milik para obligor Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) yang tidak kooperatif. Jokowi menyebut langkah tersebut merupakan komitmen pemerintah dalam upaya memberantas tindak pidana korupsi.

"Dalam hal penindakan, pemerintah antara lain telah dan akan terus mengejar dan menyita aset-aset obligor BLBI yang tidak kooperatif," kata Jokowi di Istana Negara, Selasa 7 Februari 2023.

Menurut Jokowi, sejauh ini aparat penegak hukum telah menindak secara tegas terhadap sejumlah kasus mega korupsi seperti kasus Asabri dan Jiwasraya. Hal serupa juga akan dilakukan aparat penegak hukum terhadap kasus-kasus korupsi lainnya.

Presiden Jokowi juga meminta aparat penegak hukum tidak pandang bulu dan tebang pilih. "Untuk itu saya ingatkan kembali kepada aparat penegak hukum untuk memproses tindakan pidana tanpa pandang bulu dan tanpa tebang pilih," ujar Jokowi menegaskan.

Ia memastikan upaya pemerintah tidak kenal surut dalam pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi. “Dengan membangun sistem pemerintahan dan pelayanan publik yang transparan dan akuntable," katanya.sinpo

Komentar: