AUSTRALIE

Laporan: Sinpo
Kamis, 09 Februari 2023 | 11:15 WIB
koran Sin Po 9 Februari 1924 (Monash University/SinPo.id)
koran Sin Po 9 Februari 1924 (Monash University/SinPo.id)

Australie („Negri Selatan’’) ada binoewa jang paling ketjil dan jang diketemoeken paling blakang. Dalem tahon 1642 saorang Olanda bernama Abel Tasman telah ketemoeken ini binoewa. Blakangan saorang Inggris jang bernama Arthur Philipp dateng ka Port Jackson (dekat Sydney jang sekarang) dalem tahon 1787 dan ia poenjain Australie atas namanja pemerentah Inggris, hingga sampe sekarang di sana orang Inggris masi berkwasa.

Bermoela Australië ada tempat boewangan dari pendjahat-pendjahat Inggris, hingga tadinja di sana tjoema tinggal orang pemboewangan Inggris dan ia orang poenja pendjaga-pendjaga. Orang baek jang pertama dateng ka Australie ada saorang Duitscli, jang menika di sana dengen saorang pemboewangan prampoean Inggris. Soerat kabar jang pertama diterbitken di sana dalem tahon 1805 angkat sebagi redacteur satoe ....... orang pemboewangan.

Sedari tahon 1821 moelain banjak dateng „orang baek-baek” jang mendjadi satoe dengen orang-orang pemboewangan dan iaorang poenja toeroenan. Dalem tahon 1839 boeat penghabisan kali dikirim satoe kapal ka Australie jang moeat orang pemboewangan.

Dalem tahon 1851 pendoedoek koelit poeti di sana soeda ada 350,000 dan di itoe tahon djoega orang dapetken parit-parit mas, jang tarik banjak orang asing dari antero doenia, antara siapa ada banjak orang-orang Tionghoa. Pendoedoek Australië jang sekarang sama sekali kira-kira lima millioen.

Pendoedoek Boemipoetra jang aseli masi biadab dan iaorang poenja djoembla tjoema kira-kira 30,000. Orang Tionghoa poen banjak di Anstralie, tapi iaorang poenja djoembla tida bertamba lagi sebab itoe binoewa maoe dikangkangin oleh bangsa koelit poeti sadja. Keadahan di Australie jang sekarang tida kala dengen keadahan di Engeland sendiri. Seswatoe anak dimoestiken masoek sekola dan oewang sekola ampir tida dikenaken.

Di Sydney, Melbourne Adelaide dan Hobart ada university, university. Djoembla orang-orang jang tida bisa membatja dan menoelis di Australië ada lebih sedikit dari di Engeland! Angon.............gadja. Lantaran sekarang ada moesin „Si gadja doengkoel, makan roempoet sapikoel’’,kita rasa tida djahatnja boeat petik satoe toelisan tentang angon gadja dari „Kabar Slalu”. Seperti orang taoe gadja banjak digoenaken sebagi binatang tarik dan, angkoet barang di brapa negri, sebagi Hindia.

Di negri Perak djoega orang goenaken tenaga gadja dan sang gadja di prenta seperti brikoet: „Tee-tee” : m’ngarti-nya „Diam!’ „Tuliu-tuhu”: „Undor!’’ „Hee-hee": Jalan!’’ „Umbu” : „Jalan k’kanan !” „Klong”: „Jalan k’kiri!” „Koboi-koboi": „Jalan plahan-plahan!” „Chen”: „ Jalan baik-baik (k’tika sampai di t’mpat churam atau di t'mpat tanah-nya lichin)!” „Kwet”: „Remtap!” (k’tika dia-orang jumpa barang smak galangkah jalan-nya). „Onh”: „R'ban-kan!” (k'tika dia-orang jumpa pokok-pokok kayu).  „Koh-koh” :„Br’nti!” „Terum”: „Berlutut!’’  „Terum puan": „Berlutut lagi r’lidah sdikit!” „Tah”: „Bangun!”  „Paha'mbu”: „Jaga baik-baik balaK di s’bla kanan!’’ „Paha Klong”; „Jaga baik-baik balak di s’bla kiri!” Ini tentoe sadja belon semoea prenta, tapi 一 kata penoelis dalem „Kabar Slalu” „jikalau mau di s’bot kan, (s’moea!) t’lalulah panjang sanget”.sinpo

Komentar: