Serangan Israel Hantam Sejumlah Bangunan di Damaskus, Lima Orang Tewas

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 20 Februari 2023 | 12:15 WIB
Serangan Israel ke Damaskus/ Reuters
Serangan Israel ke Damaskus/ Reuters

SinPo.id - Serangan roket Israel menghantam sebuah bangunan di Damaskus tengah, menewaskan lima orang dan merusak beberapa bangunan di distrik yang padat penduduk itu, pada Minggu pagi.

Menurut seorang intelijen, serangan tersebut terjadi di dekat kompleks keamanan, tempat di mana sekutu Suriah, Iran, membuat sebuah pangkalan.

Militer Suriah mengatakan Israel telah melakukan serangan udara yang menargetkan beberapa wilayah Damaskus, membuat lima orang tewas, dan 15 orang lainnya menderita luka-luka.

"Serangan itu menyebabkan kerusakan pada beberapa rumah warga sipil dan kerusakan material di sejumlah lingkungan di Damaskus dan sekitarnya," kata tentara Suriah dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Reuters, Senin 20 Februari 2023.

Menteri Luar Negeri Suriah, Faisal Mekdad, mengatakan serangan itu harus dianggap sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan mengingat itu terjadi kurang dari dua minggu setelah gempa pada 6 Februari yang menewaskan lebih dari 5.800 orang di Suriah.

Belum diketahui apakah serangan Israel ditujukan pada individu tertentu, namun sumber intelijen Barat mengatakan targetnya adalah pusat logistik di gedung yang dijalankan oleh Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran.

Pasalnya, Iran dan Rusia sama-sama membantu Presiden Bashar al-Assad mengubah gelombang perang saudara di Suriah dengan dukungan militer dan ekonomi.

Meski demikian, Assad tidak pernah secara langsung mengakui bahwa pasukan Iran beroperasi atas namanya dalam perang saudara Suriah, dengan mengatakan Teheran hanya memiliki penasihat militer di lapangan.

 sinpo

Komentar: