Enam Warga Palestina Tewas dalam Serangan Israel di Tepi Barat

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 28 Desember 2023 | 09:58 WIB
Kondisi tepi barat Palestina pascaserangan Israel (Sinpo.id/Reuters)
Kondisi tepi barat Palestina pascaserangan Israel (Sinpo.id/Reuters)

SinPo.id -  Kementerian Kesehatan Palestina melaporka enam warga Palestina tewas akibat serangan pesawat tak berawak Israel di kota Tulkarem, Tepi Barat. Serangan tersebut sekaligus menjadi bukti dari meningkatnya kekerasan di Palestina.

Militer Israel mengatakan pasukannya juga mendapat serangan balik dari kelompok pejuang Palestina yang melemparkan alat peledak ke arah mereka selama penggerebekan berlangsung di Tepi Barat.

Konfrontasi tersebut terjadi di kamp pengungsi Nour Shams di Tulkarem, sebuah kota yang menjadi titik konflik di salah satu titik persimpangan utama ke Tepi Barat. Menurut saksi mata, enam pemuda yang tewas merupakan warga sipil yang tidak terlibat dalam bentrokan.

“Kami mendengar suara dan teriakan itu, rumah kami dekat sehingga kami keluar untuk melihat,” kata Izzaldin Assaili, seorang saksi mata dan warga yang tinggal di dekatnya. Dilansir dari Reuters, Kamis 28 Desember 2023.

Seperti diketahui, bentrokan antara warga Palestina dengan tentara IDF beserta pemukim ilegal Israel telah terjadi dalam beberapa dekade, bahkan sebelum kelompok Hamas melancarkan serangan pada 7 Oktober lalu.

Namun, konfrontasi meningkat tajam ketika Israel melancarkan invasi darat ke Gaza, hingga ribuan warga Palestina di Tepi Barat ditangkap oleh pasukan Israel. Sementara beberapa warga sipil tak berdosa tewas dalam serangan.
sinpo

Komentar: