Israel Serang Sejumlah Wilayah, Ratusan Warga Palestina Tewas dalam Satu Hari

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 18 Desember 2023 | 09:17 WIB
Ilustrasi. Otoritas kesehatan di Gaza melaporkan bahwa sekitar 90 warga Palestina tewas dalam serangan Israel di kamp Jabalia, Gaza Utara pada Minggu, 17 Desember 2023. (SinPo.id/Reuters)
Ilustrasi. Otoritas kesehatan di Gaza melaporkan bahwa sekitar 90 warga Palestina tewas dalam serangan Israel di kamp Jabalia, Gaza Utara pada Minggu, 17 Desember 2023. (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Otoritas kesehatan di Gaza, Palestina melaporkan bahwa sekitar 90 warga Palestina tewas dalam serangan Israel di kamp Jabalia, Gaza bagian utara pada Minggu, 17 Desember 2023.

Sementara itu, dalam serangan rudal Israel lainnya terhadap sebuah rumah milik juru bicara kelompok jihad Islam menewaskan 24 orang.

Menurut laporan dari radio Hamas, putra dari Dawoud Shehab yang merupakan juru bicara Jihad Islam, termasuk di antara korban yang tewas. Sedangkan puluhan korban lainnya merupakan warga sipil yang tinggal di sekitar rumah Shehab.

“Kami yakin jumlah orang yang tewas di bawah reruntuhan sangat besar, namun tidak ada cara untuk mengangkat puing-puing dan memulihkan mereka karena intensitas tembakan Israel,” kata salah satu anggota Hamas, dilansir dari Reuters, Senin 18 Desember 2023.

Selain itu, di hari yang sama di Deir al-Balah, Gaza bagian tengah, petugas medis mengatakan 12 warga Palestina tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

Sementara di Rafah, Gaza bagian selatan, serangan udara Israel terhadap sebuah rumah menyebabkan sedikitnya empat orang tewas. 

Israel mengatakan, pihaknya akan terus melakukan serangan terhadap para pejuang Palestina. Namun faktanya, serangan-serangan tersebut menyasar warga sipil, termasuk wanita dan anak-anak.

Hingga kini, tercatat sekitar 19 ribu warga Palestina telah terbunuh akibat kekejaman Israel di jalur Gaza sejak 7 Oktober lalu.sinpo

Komentar: