Akan Bangun Training Center Timnas di IKN, Pemerintah Siap Backup PSSI

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 20 Februari 2023 | 15:56 WIB
Pengurus PSSI yang baru usai bertemu Presiden Jokowi/ Setkab
Pengurus PSSI yang baru usai bertemu Presiden Jokowi/ Setkab

SinPo.id - Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan, PSSI mendapat dukungan dari pemerintah untuk membangun sejumlah infrastruktur, termasuk pusat pelatihan atau training center untuk timnas Indonesia.

Hal ini disampaikan Erick Thohir usai pengurus PSSI baru bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Pemerintah siap mendukung transformasi sepak bola Indonesia. Pemerintah siap mem-backup PSSI dalam membangun training camp yang dibutuhkan oleh tentu tim nasional kita," kata Erick Thohir dalam keterangan pers, Senin 20 Februari 2023.

Erick mengungkapkan, pengurus PSSI bahkan diajak Jokowi untuk berkunjung ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur untuk melihat lahan yang bisa dijadikan lokasi pusat pelatihan.

"Tapi kita belum tahu di mana, jumlah hektarnya juga belum tahu kita. Nanti, 1-2 hari ini karena beliau akan berkunjung ke sana cuma kita diundang," ujarnya.

Erick menargetkan, training center timnas Indonesia harus memiliki setidaknya empat lapangan pada tahun depan. Ia juga berencana menyediakan tempat training camp (TC) bagi para atlet.

"Insyaallah kalau memang kita serius, tahun depan training center ini sudah paling tidak memiliki empat lapangan latihan dan mungkin juga tempat TC untuk para atlet," ucap Erick.

Menteri BUMN itu menambahkan, pemerintah juga siap mendukung PSSI dalam membangun lapangan-lapangan sepak bola yang bisa digunakan untuk kejuaraan internasional.

Selain itu, lanjut Erick, PSSI juga mendapat dukungan soal perizinan yang selama ini menjadi kendala dalam pelaksanaan kompetisi.

"Pemerintah juga mendukung terutama bagaimana perizinan bila memungkinkan dan harus dipastikan bahwa sudah keluar seluruhnya 3 bulan sebelum musim kompetisi," tandasnya.sinpo

Komentar: