Helikopter Pasukan Perdamaian Jatuh di Somalia, Tiga Tewas

Laporan: Sinpo
Senin, 27 Februari 2023 | 11:35 WIB
Helikopter yang jatuh di Somalia/ UN
Helikopter yang jatuh di Somalia/ UN

SinPo.id - Helikopter yang dioperasikan oleh misi penjaga perdamaian Uni Afrika di Somalia jatuh di wilayah Shabelle. Akibatnya tiga orang tewas dan delapan penumpang lainnya luka, Minggu, 26 Februari 2023.

Misi Transisi Uni Afrika di Somalia (ATMIS) dalam pernyataan mereka mengatakan, kecelakaan terjadi pada Sabtu, 25 Februari 2023.

Helikopter itu membawa 11 penumpang termasuk tentara dari militer Somalia. Mereka sedang mengikuti latihan untuk evakuasi korban ketika kecelakaan itu terjadi.

“Sayangnya, tiga dari 11 penumpang tewas. Delapan petugas yang terluka telah dievakuasi ke Mogadishu untuk perawatan medis darurat,” kata ATMIS seperti dikutip Antara.

Sayangnya, pernyataan tersebut tidak memberikan rincian tentang korban, termasuk kewarganegaraan mereka. Meski demikian, mereka mengatakan, penyelidikan telah dimulai untuk menentukan penyebab kecelakaan itu.

ATMIS membantu pemerintah pusat Somalia dalam perangnya melawan pemberontakan Islam al Shabaab.

Al-Shabaab yang bersekutu dengan al Qaeda telah berjuang selama lebih dari satu dekade untuk menggulingkan pemerintah Somalia.

Kelompok itu ingin mendirikan pemerintahannya sendiri berdasarkan interpretasi ketatnya sendiri terhadap hukum syariah Islam.sinpo

Komentar: