Tiga Pekerja Tewas, DPR Minta Pertamina Perketat Pengawasan Area Blok Rokan

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 11 April 2023 | 13:11 WIB
Nasyirul Falah/SinPo.id/DPR
Nasyirul Falah/SinPo.id/DPR

SinPo.id -  PT Pertamina Hulu Energi (PHE) maupun PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), diminta untuk memperketat pengawasan terhadap penerapan prosedur kerja, khususnya di lingkungan PT Pertamina Hulu Rokan. Hal itu harus dilakukan agar insiden tewasnya tiga pekerja di area Blok Rokan Pertamina tidak terulang kembali.

Menurut Anggota Komisi VII DPR RI, Nasyirul Falah Amru, pengawasan PHR harus menjadi lebih tajam karena membawa nama baik PHE. Sehingga kasus tersebut perlu dicermati lebih mendalam.

“Saya minta Direktur PHE juga perlu mencermati dengan lebih mendalam agar tidak terjadi yang meninggal tiga orang di Rokan. Walaupun memang bukan kesalahan dari pihak PHR, tapi ini menjadi sorotan. PHR itu membawa nama baik PHE, PHE membawa nama baik Pertamina," kata Gus Falah, dikutip Selasa 11 April 2023.

Selain itu, ia juga meminta agar permasalahan yang terjadi di area Blok Rokan Pertamina untuk tidak dibiarkan agar tidak semakin menumpuk, dan PHR diminta untuk membuat sejumlah prioritas dalam menyelesaikan masalah, termasuk mengambil solusi yang efektif.

“Untuk Rokan, geraknya harus lebih dinamis, karena saya lihat Rokan punya persoalan yang menumpuk, persoalan-persoalan yang belum terselesaikan. Maka, mengambil langkah (yang penting) menjadi sesuatu yang lebih baik,” ungkapnya.

Seperti diketahui, telah terjadi kecelakaan kerja yang mengakibatkan tewasnya tiga pekerja pekerja PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) saat bekerja di area operasi kerja Blok Rokan. 

Tercatat sejak bulan Juli 2022 hingga Nanuari 2023, telah terjadi sebanyak tujuh kecelakaan kerja yang menyebabkan tujuh pekerja meninggal dunia.sinpo

Komentar: