Sri Wahyuni: Harga Tiket Transportasi Mudik Tak Boleh Mencekik Masyarakat

Laporan: Juven Martua Sitompul
Selasa, 11 April 2023 | 17:47 WIB
Anggota Komisi V DPR RI Sri Wahyuni. Dok Istimewa.
Anggota Komisi V DPR RI Sri Wahyuni. Dok Istimewa.

SinPo.id - Anggota Komisi V DPR RI Sri Wahyuni meminta pemerintah benar-benar mengawasi potensi lonjakan harga tiket moda transportasi untuk mudik Lebaran 2023. Dia ingin kenaikan harga tiket justru merugikan masyarakat.

"Tentu, kami di Komisi V mendorong pihak-pihak terkait mengawasi betul soal harga tiket, jangan memberatkan masyarakat," kata Sri kepada SinPo.id di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa, 11 April 2023.

Politikus NasDem ini menganggap wajar jika ada kenaikan harga tiket moda transportasi selama masa mudik lebaran. Namun, Sri memberi catatan agar kenaikan tersebut masih pada batas kewajaran.

"Kenaikan harga tiket selama masa mudik ya hal lumrah, tapi kita ingin kenaikan harga tiket masih batas wajar, jangan mencekik," kata dia.

Sri berharap pemerintah bisa hadir di tengah-tengah masyarakat. Negara bahkan harus menjadi penengah dalam polemik harga tiket tersebut.

Apalagi, kata Sri, jumlah pemudik tahun ini berpotensi membludak lantaran pemerintah mulai mengizinkan masyarakat mudik setelah tiga tahun Indonesia 'dihantam' Pandemi Covid-19. Untuk itu, dia ingin negara memfasilitasi kerinduan pemudik pada kampung halamannya dengan cara mengontrol harga tiket yang wajar. 

"Kita ini udah tiga tahun Pandemi Covid-19, tahun ini diperkirakan membludak, jadi negara harus benar-benar memberi pengawasan soal harga tiket," kata dia.

Di sisi lain, legislator Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur (Jatim) VII meminta Korlantas Polri mempersiapkan rekayasa lalu lintas dengan matang. Persiapan yang baik diyakini bisa menyukseskan mudik lebaran tahun ini.

"Harus ada perbaikan antisipasi, tidak boleh terjadi kesalahan-kesalahan, terpenting bisa memberikan kenyamanan pemudik," tegas Sri.sinpo

Komentar: