ARUS BALIK LEBARAN 2024

Menhub Sebut Arus Balik Sumatera ke Jawa Masih Landai

Laporan: Tio Pirnando
Minggu, 14 April 2024 | 16:57 WIB
Pelabuhan Bakauheni, Lampung (SinPo.id/Antara)
Pelabuhan Bakauheni, Lampung (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, arus balik pada H+4 Lebaran dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung, masih relatif landai. Hal itu karena  adanya kebijakan penghapusan masa berlaku tiket untuk 24 jam pertama yang diberlakukan selama 11-21 April 2024.

"Alhamdulillah, dengan adanya relaksasi yang dilakukan kemarin, hari ini (arus balik) masih relatif landai," kata Budi di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Minggu, 14 Maret 2024. 

Menurut Budi, adanya kebijakan penghapusan masa berlaku tiket tersebut, berdampak pada arus balik yang masih relatif landai hingga H+4 Lebaran.

"Jadi menurut ukuran dari pada jumlah kapal yang harus dioperasikan, relatif masih landai," ujarnya.

Lebih lanjut, Budi mengapresiasi pihak Kepolisian Daerah Lampung yang menerapkan mekanisme penanganan kendaraan arus balik dengan pola warna hijau, warna kuning, dan warna merah.

Kategori warna merah, berarti kendaraan sangat padat. Sehingga banyak kapal yang harus dioperasikan secara cepat dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak.

"Dari sini (Pelabuhan Bakauheni) kapal langsung ke sana (Pelabuhan Merak), bongkar, balik lagi dari sana tanpa memuat," ujarnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan kendaraan arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Kemenhub juga mengoperasikan Pelabuhan Panjang untuk penyeberangan ke Pelabuhan Ciwandan, Banten.

Ia berharap, warga yang melakukan perjalanan arus balik dapat memanfaatkan layanan kapal di Pelabuhan Panjang yang tetap dikawal dalam setiap pelayaran.sinpo

Komentar: