ARUS BALIK LEBARAN

Kakorlantas: 30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta

Laporan: Sigit Nuryadin
Selasa, 16 April 2024 | 19:38 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan (SinPo.id/ Humas Polri)
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menyebut ada sekitar 30 persen dari 900 ribu total pemudik yang belum kembali ke Jakarta hingga H+6 lebaran 2024 ini.

Menurut Aan, para pemudik akan kembali secara bertahap mulai hari ini lantaran adanya kebijakan work from home (WFH) bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN). 

"Masih ada tersisa yang belum kembali ke Jakarta sekitar 30 persen , artinya angka tersebut kalau kita bagi dua pelaksanaan WFH hari ini dan besok berarti masing-masing tersisa 15 persen," kata Aan dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa, 16 April 2024.

Aan pun berujar, puncak arus balik Lebaran 2024 telah terlewati pada Senin malam hingga Selasa  dini hari tadi. Korlantas Polri mencatat ada ratusan ribu kendaraan yang melintas.

"Untuk puncak arus balik tahun 2024 ini terjadi pada tadi malam sampai tadi pagi jam 6, ada di atas 162 (ribu) lebih," ungkapnya. 

Lebih lanjut, Aan mengungkapkan, pihaknya tetap menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa contraflow di Tol Jakarta-Cikampek apabila terjadi peningkatan volume kendaraan.

"Terutama di Tol Japek di titik krusial Km 66, kita akan laksanakan contraflow 2 atau 3 lajur tergantung kondisi lalu lintas," ujar Aan. 

Dia pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut menyukseskan kegiatan arus mudik balik Lebaran 2024 hingga lancar.

"Kepada seluruh anggota Polri kemudian Jasa Marga dan seluruh stakeholder yang ada saya mengucapkan terima kasih, segala daya dan upaya teman-teman di lapangan," tuturnya. sinpo

Komentar: