Komisi VI DPR Minta BUMN Pangan dan Perkebunan Pastikan Ketersediaan Stok Bahan Pangan

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 12 April 2023 | 03:57 WIB
Ilustrasi Pasar (Pixabay)
Ilustrasi Pasar (Pixabay)

SinPo.id -  Wakil Ketua Komisi VI Mohamad Hekal meminta BUMN Pangan dan Perkebunan berkoordinasi dengan instansi kementerian/lembaga untuk memastikan ketersediaan stok bahan pangan. BUMN Pangan dan Perkebunan itu meliputi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)/ ID Food, Perum Bulog dan PT Perkebunan Nusantara III (Persero).

"(Koordinasi,-red) untuk memastikan ketersediaan stok, ketepatan waktu distribusi, dan stabilisasi harga pangan menjelang Hari Raya Idulfitri Tahun 2023," ujarnya.

Pernyataan itu disampaikan saat membacakan kesimpulan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Direktur Utama ketiga BUMN Pangan dan Perkebunan, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Selasa 11 April 2023. 

Sejauh ini, Hekal menilai kinerja ketiga perusahaan pelat merah tersebut cukup baik. Sebab, hingga menjelang Lebaran, baik stok, distribusi maupun harga pangan terbilang aman. "Kelihatannya sudah bagus dilaksanakan karena tumben-tumbennya nih menjelang Lebaran nggak ada rame-rame," imbuh Legislator Dapil Jawa Tengah IX tersebut.

Selain persiapan lebaran, RNI/ID Food, Bulog dan Perkebunan Nusantara III juga diminta untuk fokus pada penguatan produksi pangan di sektor hulu. Hal tersebut agar Indonesia dapat mengurangi ketergantungan pada impor dalam memenuhi kebutuhan pangan nasional. Terakhir, terkait program penurunan prevalensi stunting, Komisi VI mendukung RNI/ID Food untuk melaksanakan program tersebut dengan memperhatikan aspirasi masyarakatsinpo

Komentar: