Urai Kemacetan Arus Mudik, Sri Wahyuni Usulkan Sistem Ganjil Genap

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 15 April 2023 | 13:06 WIB
Anggota Komisi V DPR RI Sri Wahyuni. Foto Dokumentasi. Istimewa
Anggota Komisi V DPR RI Sri Wahyuni. Foto Dokumentasi. Istimewa

SinPo.id -  Anggota Komisi V DPR RI Sri Wahyuni mengusulkan diberlakukannya sistem ganjil genap pada mudik Lebaran 2023. Sistem ini bahkan diharap sudah bisa diterapkan sejak H-3 atau H-5 pergerakan pemudik.

"Kalau tahun lalu diberlakukan one way ya untuk arus mudik, kalau sekarang kalau boleh nanti berkerja sama dengan Korlantas bisa diberlakukan H-3 atau H-5 ganjil genap," kata Sri usai kunjungan kerja Komisi V DPR RI dalam rangka meninjau kesiapan arus mudik Lebaran 2023 untuk jalur Jakarta-Palimanan, Sabtu, 15 April 2023.

Kendati begitu, dia berharap sosialisasi sistem ini dilakukan dengan masif. Sri bahkan meminta pemangku kepentingan bisa mengumumkan pemberlakuan sistem ganjil genap itu jauh sebelum pemudik bergerak.

"Jadi masyarakat diumumkan jauh-jauh hari, hari ini ganjil besok genap, mungkin itu salah satu mengatasi kemacetan tersebut, itu sekadar usulan," kata dia.

Di samping dari itu, politikus NasDem ini mendukung perluasan jalan tol Solo. Dia menilai jalan tol Solo perlu diperlebar guna mengurai volume kendaraan yang bakal naik signifikan selama mudik lebaran.

"Kemudian, tol Solo, saya pernah mengalami lima tahun lalu, dari Yogyakarta ke Solo itu bukan 2 jam tapi 4 sampai 5 jam, padahal itu 1 jam pun bisa. Jadi rasanya enggak karuhan, jadi memang sudah seharusnya tol Solo diperluas," kata dia.

Terakhir, Legislator Dapil Jatim VII itu berharap adanya penambahan pos-pos pelayanan masyarakat, seperti kesehatan dan keamanan. Bila memungkinkan, kata dia, pemerintah bisa menyediakan bengkel-bengkel kecil untuk mengantisipasi masalah kendaraan pemudik.

"Mungkin bengkel kecil-kecilan yang namanya kendaraan dan sesiap-siapnya orang apalagi di jalan yang panjang bisa mengalami pecah ban atau lainnya, jadi setiap beberapa meter di jalan tol mungkin bisa disiapkan bengkel kecil-kecilan," kata dia.sinpo

Komentar: