Polri Klaim Jumlah Kecelakaan Arus Mudik dan Balik Tahun Ini Turun Hingga 8 Persen

Laporan: Firdausi
Minggu, 21 April 2024 | 12:45 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan (SinPo.id/ Humas Polri)
Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan mengklaim pelaksanaan arus mudik dan balik lebaran Idulfitri 2024 berjalan baik. Angka kecelakaan juga diklaim menuurun hingga 8 persen. 

"Pengelolaan arus tahun ini berjalan dengan baik angka kecelakaan lalu lintas secara umum ada penurunan 8 persen," kata Irjen Pol Aan kepada wartawan dikutip pada Minggu, 21 April 2024. 

Adapun untuk tingkat berbagai kejadian tindak kejahatan, juga ada penurunan hingga mencapai 12 persen. 

"Dan untuk tingkat kejadian dan tingkat fatalitas turun juga turun 12 persen," ujarnya 

Tak hanya itu, jenderal bintang dua ini membeberkan jumlah penyebab kecelakaan selama pelaksanaan operasi ketupat 2024, seperti gagal menjaga jarak, kelalaian terhadap lalu lintas, dan melampaui batas kecepatan. 

Jumlah terbanyak gagal jaga jarak ini ada 1.117 kasus. Kedua ceroboh terhadap lalu lintas yang ada di depannya ada 956 kasus. 

"Dan ceroboh saat belok 553 kasus, kemudian marka jalan ada 442 kasus," ujarnya. 

Selain itu, untuk kecelakaan sepeda motor juga ada penurunan dari 4.545 kasus tahun lalu, dan tahun ini hanya 4.196 kasus 

"Kerlibatan sepeda motor ada penurunan, kalau tahun lalu ada 4.545 dan tahun ini 4.196 ini mungkin salah satu indikator tingkat kesadaran sepeda motor ini meningkat semakin naik," tandasnya.sinpo

Komentar: