Militer Inggris Adakan Latihan untuk Penobatan Raja Charles III

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 19 April 2023 | 12:24 WIB
Personel militer Inggris melakukan latihan acara penobatan Raja Charles III/SinPo.id/AP
Personel militer Inggris melakukan latihan acara penobatan Raja Charles III/SinPo.id/AP

SinPo.id -  Sejumlah personel militer Inggris adakan latihan parade di sepanjang rute jalan yang digunakan untuk prosesi upacara penobatan Raja Charles III dan Permaisuri Camilla. Diketahui penobatan itu akan berlangsung kurang dari tiga minggu lagi, sehingga segala persiapan terus dimatangkan.

Rute sepanjang 2,1 km itu nantinya akan dipenuhi oleh ribuan penonton yang berharap dapat melihat sekilas raja yang dinobatkan secara resmi.

Karena nantinya Raja dan Permaisuri akan dibawa ke Westminster Abbey dengan Diamond Jubilee State Coach buatan Australia dan kemudian akan kembali melalui rute yang sama dengan Gold State Coach yang sudah berusia 260 tahun.

Sekitar 400 personel angkatan bersenjata dari setidaknya 35 negara Persemakmuran termasuk Australia akan bergabung dalam prosesi tersebut. Total ada sekitar 6 ribu perwakilan militer Inggris dikerahkan pada hari penobatan.

Meski demikian, rute upacara dan prosesi akan menggunakan rute lebih pendek dari Ratu Elizabeth II pada tahun 1953. Pasalnya, prosesi Ratu Elizabeth II menempuh jarak 8 km melalui Piccadilly, Oxford Street, dan Regent Street, yang memakan waktu dua jam.

Selain itu, acara penobatan mendiang Ratu juga berlangsung hampir tiga jam, dengan lebih dari 8 ribu tamu resmi. Namun kali ini, pihak istana memastikan telah mengundang 2 ribu tamu, untuk kebaktian selama satu jam, saat tanggal 6 Mei nanti.sinpo

Komentar: