PDIP Deklarasikan Usung Ganjar Capres 2024

PDIP Resmi Usung Ganjar Capres 2024, Ini Respons PAN dan PPP

Laporan: Martahan Sohuturon
Jumat, 21 April 2023 | 19:49 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi menunjuk Ganjar Pranowo sebagai capres yang akan diusung PDIP di Pilpres 2024. (SinPo.id/Dok. PDIP)
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi menunjuk Ganjar Pranowo sebagai capres yang akan diusung PDIP di Pilpres 2024. (SinPo.id/Dok. PDIP)

SinPo.id - Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) merespons langkah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagak bakal calon presiden (capres) yang bakal diusung di Pilpres 2024 mendatang.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan langkah itu akan mempercepat proses pembentukan kerja sama politik untuk mengusung pasangan capres-cawapres sebagaimana diamanatkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu).

"Hal ini tentu akan mempercepat proses terbentuknya pasangan calon melalui kerjasama partai politik, sesuai persyaratan presidential threshold 20 persen kursi DPR RI sebagaimana diatur di pasal 222 UU Nomor 7 Tahun 2017," kata Viva kepada SinPo.id pada Jumat, 21 April 2023.

Ia juga bilang, langkah PDIP itu akan bermanfaat bagi demokrasi dan pendidikan politik rakyat karena pengumuman capres dari awal akan memberikan waktu bagi masyarakat untuk menilai, memverifikasi, dan mendiskusikan sosok calon pemimpin bangsa mendatang sebelum masuk ke bilik tempat pemungutan suara (TPS) di Pemilu 2024.

Viva menegaskan, PAN PAN siap bekerja sama dengan semua parpol dalam rangka mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, berkualitas, berintegritas, serta aman, nyaman, damai, dan bahagia.

"PAN akan selalu menjadi komponen yang terus memperkuat pilar demokrasi Indonesia," tuturnya.

Dia menyampaikan, PAN akan menggelar rapat kooordinasi sekaligus silaturahmi dengan Partai Golkar dan PPP untuk mematangkan rencana penetapan kebijakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di hari mendatang.

PPP Hormati Keputusan PDIP

Sementara itu, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menyampaikan bahwa partainya menghormati keputusan PDIP mengumumkan Ganjar sebagai capres 2024. Menurut pemilik sapaan akrab Awiek itu, hal tersebut merupakan urusan internal PDIP.

Terkait sosok Ganjar, Awiek menyatakan bahwa Ganjar memang tokoh yang memiliki elektabilitas bagus berdasarkan hasil survei sejumlah lembaga.

Ia pun mengaku bahwa sejumlah kader PPP di daerah mengusulkan nama Ganjar untuk diusung DPP di Pilpres 2024 nanti.

"Nama Ganjar memang cukup bagus sebagai capres dalam survei sejumlah lembaga. Dalam bebarapa mukerwil dan rapimwil sejumlah DPW PPP juga menyebut nama Ganjar Pranowo sebagai bakal capres untuk diusung," tuturnya.

Namun, dia menegaskan, penetapan capres dan cawapres yang akan diusung oleh PPP akan dilakukan pada Mukernas mendatang.sinpo

Komentar: