sea games 2023

Bungkam Vietnam dengan 10 Pemain, Indonesia Melaju ke Final SEA Games 2023

Laporan: Martahan Sohuturon
Sabtu, 13 Mei 2023 | 18:19 WIB
Timnas Indonesia U-22 melaju ke final SEA Games 2023 usai membungkam Vietnam 3-2. (SinPo.id/PSSI)
Timnas Indonesia U-22 melaju ke final SEA Games 2023 usai membungkam Vietnam 3-2. (SinPo.id/PSSI)

SinPo.id - Timnas Indonesia U-22 berhasil melaju ke final SEA Games 2023 usai membungkam Vietnam 3-2 pada Sabtu, 13 Mei 2023. Kemenangan itu diperoleh Garuda Muda secara dramatis karena hanya bermain dengan 10 orang pemain sejak menit ke-60.

Laga semifinal SEA Games 2023 ini berlangsung sengit sejak menit awal.

Timnas Indonesia U-22 sukses menccetak gol cepat di menit ke-10. Berawal dari lemparan ke dalam Pratama Arhan dari sisi kiri pertahanan Vietnam, gol bagi Indonesia dicetak Komang Teguh Trisnanda lewat sundulan.

Timnas Indonesia pun unggul 1-0 atas Vietnam.

Namun, konsentrasi yang menurun membuat gawang Indonesia yang dikawal Ernando Ari bobol di menit ke-35. Berawal dari umpan lambung ke kotak penalti, Van Tung mencatatkan namanya di papan skor memanfaatkan umpan Nguyen Phu Duc.

Skor kemudian berubah jadi 1-1 dan bertahan hingga turun minum.

Masuk babak kedua, Vietnam tampil lebih menyerang.

Namun, Indonesia justru berhasil unggul lagi. Berawal dari lemparan ke dalam Arhan, bola ditepis kiper Vietnam, Van Chuan Quan. Namun tepisannya itu tak sempurna dan mendarat di kaki Marselino.

Eks gelandang Persebaya Surabaya itu lalu melepaskan tendangan pelan yang mengenai Ferarri. Skor berubah 2-1 untuk keunggulan Timnas Indonesia.

Malapetaka bagi Indonesia datang di menit ke-60. Arhan diusir keluar lapangan setelah melanggar Phu Duc. Ia menerima kartu kuning kedua setelah menerima kartu kuning juga pada babak pertama.

Di menit ke-78, Vietnam sukses memanfaatkan sisi kiri pertahanan Indonesia atau pos yang ditinggalkan Arhan.

Vietnam menyamakan kedudukan setelah Bagas Kaffa salah mengantisipasi umpan silang Vietnam. Bola sepakan Bagas justru mengarah ke gawang yang gagal dihalau Ernando. Skor berubah menjadi 2-2.

Di sisa waktu yang ada, Vietnam terus berupaya mencetak gol lagi dengan memanfaatkan jumlah pemain.

Namun, Indonesia justru berhasil keluar dari berbagai tekanan yang dilancarkan Vietnam. lewat sebuah skema serangan bali. Indonesia berhasil mencetak gol kemenangan lewat Muhammad Taufany di menit ke-96. Indonesia menang 3-2 lawan Vietnam.

Indonesia akan tampil di final SEA Games 2023 untuk berhadapan dengan pemenang dari laga Thailand atau vs Myanmar.

Susunan Pemain:

Indonesia XI: Ernando Ari; Rizky Ridho, Amiruddin Bagas, Komang Teguh, Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga; Ananda Raehan, Marselino Ferdinan, Fajar Fathur Rachman; Muhammad Ramadhan Sananta

Vietnam XI: Quan Van Chuan; Phan Tuan Tai, Tran Quang Thinh, Nguyen Ngoc Thang, Le Van Do, Nguyen Van Tung, Nguyen Thanh Nhan, Nguyen Thai Son, Ho Van Cuong, Vo Min Trong, Nguyen Duc Phusinpo

Komentar: