Juara Sea Games 2023, Legislator PDIP Puji Tangan Dingin Erick Thohir

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 18 Mei 2023 | 17:06 WIB
Anggota Komisi X DPR Andreas Hugo Pareira. Foto: Dok DPR RI
Anggota Komisi X DPR Andreas Hugo Pareira. Foto: Dok DPR RI

SinPo.id - Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pereira menilai kemenangan timnas Indonesia pada Sea Games 2023 tak lepas dari tangan dingin Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Erick dianggap sukses membawa sepak bola Tanah Air menjadi lebih baik.

"Prestasi ini tentu hasil kerja keras tim, baik pengurus PSSI, tim pelatih, manajer dan tentu pemain. Kehadiran seorang ketua umum PSSI Erick Thohir bersama pemain tentu menjadi motivasi yang luar biasa, memberi semangat pada para pemain," kata Andreas kepada wartawan, Jakarta, Kamis, 18 Mei 2023.

Andreas meminta PSSI selaku organisasi induk sepak bola Indonesia memberikan perhatian rutin kepada pemain-pemain muda Indonesia. Apalagi, ke depan Indonesia harus menghadapi Piala Asia dan kualifikasi Piala Dunia 2026 dan 2030 usia senior.

"Sepakat pertahankan mereka. PSSI perlu membuat crash program untuk mendongkrak prestasi timnas di semua level usia," kata dia.

Andreas mengakui kemampuan Erick dalam memberikan motivasi kepada pemain timnas hingga berhasil meraih medali emas di usia kepemimpinannya di PSSI yang baru menginjak bulan ketiga. Meski begitu, keberhasilan ini juga tidak terlepas dari kerja tim, baik tim pelatih, pemain, suporter.

"Prestasi ini tentu hasil dari kerja kolektif yang sudah dilakukan sejak beberapa tahun terkahir ini. Kehadiran Erick Thohir meramu materi potensial yang sudah tersedia melalui kemampuan profesionalnya dalam mengelola organisasi sepak bola," kata dia.

Anak buah Megawati Soekarnoputri ini meminta para pemain, pelatih, dan PSSI tidak puas diri dengan raihan emas di Sea Games 2023. Sebab, perjuangan sebenarnya ada di depan, yakni Piala Asia dan Piala Dunia yang dicita-citakan masyarakat Indonesia.

"Jangan cepat berpuas diri. Generasi Tim ini masih bisa berprestasi lebih tinggi lagi di Asia bahkan dunia, kalau mereka bekerja keras," kata Andreas.

Timnas Indonesia U-22 berhasil membawa pulang medali emas Sea Games 2023 ke Tanah Air setelah menekuk Thailand di partai final dengan skor telak 5-2. Laga yang berlangsung di Olympic Stadium itu berlangsung cukup panas.

Kemenangan atas Thailand ini membuat Indonesia memutus rantai paceklik juara selama 32 tahun. Rasa bangga dan haru pun dirasakan seluruh masyarakat Indonesia yang terlarut dalam kegembiraan atas titel juara di Sea Games 2023.sinpo

Komentar: