SURVEI INDIKATOR POLITIK INDONESIA

Survei Indikator, Prabowo Unggul, Anies Alami Tren Penurunan

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Kamis, 18 Mei 2023 | 20:07 WIB
Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)
Prabowo Subianto (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Indikator Politik Indonesia kembali merilis survei terkait calon Presiden yang akan berlaga pada gelaran Pilpres 2024. Dalam simulasi tiga nama capres, Prabowo Subianto memperoleh 34,8 persen suara, Ganjar Pranowo 34,4 persen suara, sementara Anies Baswedan 21,8 persen suara.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, pihaknya menyodorkan 19 nama bakal capres, sebelum dikerucutkan menjadi tiga calon potensial

"Dalam simulasi 19 nama bakal capres yang tidak ikut disertakan dalam simulasi, tiga nama itu lebih banyak yang lari mendukung Pak Prabowo daripada ke Ganjar," ujar Burhanuddin dalam paparannya, Kamis, 18 Mei 2023.

Anies, kata Burhanuddin, mengalami kemerosotan elektabilitas. Hal sebaliknya terjadi pada Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

"Prabowo Subianto mengalami kenaikan, yang sebelumnya 32,7 persen, menjadi 34,8 persen," katanya.

Diakui Burhanuddin, ada tren pelemahan perolehan suara dari Anies Baswedan jika dibanding survei sebelumnya. Pada survei terdahulu, mantan Gubernur DKI Jakarta memperoleh 22,2 persen suara.

"Meskipun ada tren kelemahan, tapi Mas Anies ini suaranya masih cukup signifikan," ucap dia.

Meski kenaikan Ganjar cukup signifikan, namun elektabilitas Gubernur Jawa Tengah itu masih berada di bawah bayang-bayang Prabowo. "Ganjar Pranowo mengalami kenaikan dari yang sebelumnya hanya memperoleh 27,9 persen suara menjadi 34,4 persen," jelasnya.sinpo

Komentar: