Legislator PAN Mengakui Tangan Dingin Erick Thohir Mengubah Sepak Bola Indonesia

Laporan: Juven Martua Sitompul
Jumat, 19 Mei 2023 | 17:58 WIB
Masyarakat pecinta sepak bola Indonesia meramaikan parade kemenangan Timnas Indonesia U-22 di Sea Games 2023. Dok Istimewa.
Masyarakat pecinta sepak bola Indonesia meramaikan parade kemenangan Timnas Indonesia U-22 di Sea Games 2023. Dok Istimewa.

SinPo.id - Anggota Komisi X DPR RI Dewi Coryati menilai kemenangan Timnas Indonesia pada Sea Games 2023 tidak lepas dari kerja keras PSSI dan jajaran lainnya. Tangan dingin Ketua Umum PSSI Erick Thohir dinilai berhasil mengubah sepak bola Tanah Air menjadi lebih baik.

"Saya sangat mengapresiasi semua perubahan yang sudah dilakukan oleh pak Erick Thohir dan jajarannya di PSSI saat ini untuk sepak bola Indonesia. Jika melihat kondisi belakangan ini, saya melihat adanya kesempatan untuk sepak bola Tanah Air untuk terus berkembang dari sebelum-sebelumnya," kata Dewi kepada wartawan, Jakarta, Jumat, 19 Mei 2023.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga menyebut kehadiran Erick Thohir di sejumlah pertandingan timnas memberikan energi positif bagi para pemain. Meskipun, kata dia, hal itu bukan satu-satunya faktor yang membuat timnas Indonesia bertanding dengan luar biasa.

"Dukungan dari seluruh rakyat Indonesia, kehadiran para pejabat di stadion semalam, para pers yang selalu memberikan vibes positif melalui berita-berita kehebatan timnas kita, dan tentunya support dari para official, pelatih, dan materi latihan sangat berpengaruh. Jadi kita harus melihat kemenangan timnas kita memperoleh emas semalam, merupakan hasil perjuangan yang panjang dan dukungan banyak pihak," kata dia.

Di sisi lain, Dewi mengingatkan PSSI dan jajaran untuk tidak terjebak pada euforia kemenangan kemarin. Erick Thohir cs diminta terus menyiapkan program-program untuk mengembangkan kemampuan para pemain muda Indonesia.

"Tentu masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh PSSI. Tapi saya optimistis kepada PSSI yang sekarang dapat menjadi lebih baik dari yang belum pernah sebelumnya," kata dia.

Sedangkan khusus untuk para pemain timnas, Dewi berpesan agar perolehan emas pada Sea Games 2023 menjadi pelecut untuk terus menampilkan performa terbaiknya. Terpenting, memberikan torehan prestasi yang lebih bergengsi bagi Indonesia.

"Saran saya kepada para atlet, jadikan kemenangan sebagai milestone awal dalam hal memberikan prestasi kepada negara Indonesia sehingga menjadi motivasi untuk terus berkembang di pertandingan-pertandingan internasional yang lain ke depannya. Jangan sampai kemenangan semalam justru membuat terlena," kata dia.

Terakhir, Dewi mengucapkan selamat dan bangga atas kemenangan Garuda Muda. Apalagi, kemenangan timnas itu didapat dari kerja keras dan pertarungan yang sengit.

"Tentu saya sangat bangga atas kemenangan timnas kita semalam. Apalagi, setelah pertandingan yang begitu sengit melawan Thailand, dengan momen-momen yang mendebarkan dan perjuangan yang luar biasa hingga memasuki babak perpanjangan waktu," tegas dia.

Masyarakat pecinta sepak bola Indonesia meramaikan parade kemenangan Timnas Indonesia U-22 di Sea Games 2023. Ribuan masyarakat terlihat memadati area Bundaran Hotel Indonesia (HI) untuk menyambut Rizki Ridho Cs dengan aksi kreatif mulai dari bunga mawar hingga poster berisi dukungan.

Timnas besutan Indra Sjafri ini berhasil meraih medali emas di cabang olahraga sepak bola yang mengalahkan Thailand di partai final dengan skor mencolok 5-2. Kemenangan ini membuat seluruh masyarakat pecinta sepak bola Indonesia berbahagia setelah 32 tahun menunggu medali emas kembali ke Tanah Air.sinpo

Komentar: