Dugaan Pemerasan Eks Mentan SYL, Polda Metro Jaya Bakal Panggil Firli Bahuri

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 13 Oktober 2023 | 16:04 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri (SinPo.id/ Ashar)
Ketua KPK Firli Bahuri (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Polda Metro Jaya bakal memanggil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dalam kasus dugaan pemerasan kepada mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto menyebut bahwa penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya akan menjadwalkan panggilan pemeriksaan tersebut. 

"Ya kalau memang sudah layak untuk diperiksa, dimintai keterangan sebagai saksi, ya kita minta keterangan. Nanti kita lihat ada kaitannya apa tidak," ujar Karyoto kepada wartawan, Jumat, 13 Oktober 2023.

Kendati demikian, Karyoto enggan membeberkan kapan pastinya Firli bakal dipanggil penyidik dalam kasus tersebut. 

"Nanti aku tanya penyidik. Nanti penyidik akan menjelaskan kalau ada jadwal-jadwal, aku tidak tahu secara detail," tuturnya. 

Semetara itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Polisi Ade Safri Simanjuntak menyebut bahwa pihaknya telah memeriksa 12 saksi dalam tahap penyidikan di kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK kepada manta Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

"Total sudah 12 orang saksi diperiksa dalam tahap penyidikan,” kata Ade saat dihubungi, Jumat, 13 Oktober 2023.

Ade berujar, ada satu saksi yang belum bisa penuhi panggilan penyidik yang beralasan masih ada kegiatan dinas atau pekerjaan. sinpo

Komentar: