Pemerintah Diminta Tingkatkan Proyek Investasi Bidang EBT

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 20 Oktober 2023 | 10:11 WIB
Puan Maharani (Sinpo.id/DPR)
Puan Maharani (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id -  Ketua DPR RI, Puan Maharani, meminta pemerintah untuk meningkatkan proyek investasi di bidang energi baru terbarukan (EBT), agar Indonesia dapat semakin cepat mencapai target dalam memerangi krisis iklim.

"Dengan adanya pembesaran proyek investasi di bidang energi terbarukan, kita berharap upaya memerangi krisis iklim dapat semakin masif karena kita tahu dampak dari perubahan iklim sangat signifikan terhadap kehidupan masyarakat," kata Puan dalam keterangan persnya, dikutip Jumat 20 Oktober 2023.

Bahkan dalam forum G20 Parliamentary Speakers' Summit (P20) ke-9 di New Delhi, ia juga membawa isu terkait pentingnya negara-negara di dunia mengejar pencapaian target Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, khususnya dalam hal penggunaan energi terbarukan.

"Di setiap forum internasional, saya selalu mempromosikan agenda Indonesia untuk mewujudkan dunia yang lebih hijau dengan penggunaan energi terbarukan,” ungkapnya.

Selain itu, Puan juga menegaskan komitmennya dalam mendukung transisi energi di Indonesia, dengan menggelar pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) Energi Baru dan Terbarukan demi bumi yang lebih sehat.

"Parlemen dalam hal ini mempunyai peran penting untuk memajukan undang-undang yang berkontribusi terhadap kebijakan energi jangka pendek dan jangka panjang,” terangnya.sinpo

Komentar: