Tahun Ini 145 Ribu Orang Daftar Jadi Anggota Polri

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 21 Oktober 2023 | 08:18 WIB
Karo Dalpres SSDM Polri, Brigjen Nurworo Danang (SinPo.id/ Humas Polri)
Karo Dalpres SSDM Polri, Brigjen Nurworo Danang (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Rekrutmen anggota kepolisian kerap disorot publik. Menyikapi itu, Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri memastikan pihaknya terus berupaya berbenah dengan melakukan transparansi dan keterbukaan.

“Tahun ini kurang lebih sekitar 145 ribu yang mendaftar menjadi anggota Polri. Ini menunjukkan minat terhadap Polri cukup tinggi, khususnya bagi masyarakat,” kata Kepala Biro Pengendalian Personel (Karo Dalpers) SSDM Polri, Brigjen Nurworo Danang dikutip dari laman resmi Polri, Sabtu, 21 Oktober 2023.

“Baik itu yang fresh graduate, bahkan ada yang sampai 6 kali mendaftar,” sambungnya.

Danang menyebut, pihaknya selalu mendengar masukan terkait proses rekrutmen anggota baru. Bahkan peserta rekrutmen dapat mengoreksi jika merasa ada ketidaksesuaian nilai.

“Peserta juga boleh mengonfirmasi nilai. Apabila nilai tak sesuai, mereka bisa menyampaikan, mengoreksi. Ini bagian dari transparansi dan keterbukaan,” ucap Danang.

Danang menegaskan penentu lulus atau tidaknya peserta seleksi Polri adalah kesiapan diri peserta itu sendiri. “Ada yang mendaftar sekali, kalau dia mempersiapkan diri sebaik-baiknya, dia bisa masuk. Kalau dia hanya coba-coba, mungkin enam kali pun juga dia tidak akan lulus,” ujar dia.

Di Polri, kata Danang, proses seleksi sudah transparan, nilai langsung diumumkan pada saat pengambilan nilai selesai. Bahkan tesnya kita menggunakan CAT (computer assisted test).

"Peserta sudah tahu seluruh tahapan seleksi mulai dari administrasi pemeriksaan kesehatan, psikologi, akademik, mental, ini lainnya,” tandasnya.sinpo

Komentar: