PLN Sebut Sistem Kelistrikan di IKN Akan Berbasis Pada EBT

Laporan: Galuh Ratnatika
Sabtu, 04 November 2023 | 08:46 WIB
Ilustrasi IKN (SinPo.id/ Dok. Setkab)
Ilustrasi IKN (SinPo.id/ Dok. Setkab)

SinPo.id - Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan penyediaan listrik di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan memanfaatkan potensi energi baru dan terbarukan (EBT), sebagai sumber energi ibu kota negara.

Selain memanfaatkan tenaga surya, pemerintah juga akan memanfaatkan potensi hidro seperti sungai dan danau yang ada di sekitar IKN, agar penyediaan listrik tidak mencemari lingkungan.

“Sistem kelistrikan di IKN Nusantara akan berbasis pada energi baru terbarukan. Sehingga kita tidak hanya mampu menghasilkan listrik yang andal, tetapi juga yang bersih dan tidak mencemari lingkungan,” kata Darmawan, saat berkunjung ke IKN, Jumat 3 November 2023.

Ia juga mengatakan akan memberikan pasokan listrik yang terbaik untuk IKN, dengan mengusung konsep state of the art of technology. PLN berkomitmen membangun IKN yang green smart berbasil Artificial Intelligence (AI), dan beautiful.

"Sesuai dengan arahan Bapak Presiden, sistem kelistrikan di IKN ini akan menjadi sistem kelistrikan yang paling mutakhir dan akan dibanggakan oleh bangsa ini. Sistem kelistrikan ini adalah yang terbaik di dunia," ungkapnya.

Sementara untuk jangka panjang, juga akan memaksimalkan potensi hidro yang ada di pulau Kalimantan, khususnya yang berdekatan dengan IKN untuk menghasilkan listrik.

Kemudian, kata Darmawan, Untuk menjaga keandalan, PLN membangun pengaturan dan pengamanan sistem kelistrikan canggih berbasis digital dengan pemanfaatan AI. Seluruh jaringan listrik yang dibangun akan menggunkan smart meter, sehingga akan terdapat juga fiber optic internet.

“Dengan demikian, IKN akan menjadi smart city tercanggih, terbaik di dunia dan menjadi kebanggaan kita semua,” tuturnya.sinpo

Komentar: