Satgassus Polri Sosialisasikan Pencegahan Korupsi untuk Pengusaha Papua

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 10 November 2023 | 07:57 WIB
Sosialisasi pencegahan korupsi di Papua (SinPo.id/ Humas Polri)
Sosialisasi pencegahan korupsi di Papua (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Satuan Tugas khusus (Satgassus) Mabes Polri mengadakan sosialisasi pencegahan antikorupsi kepada pelaku usaha di Papua terkait pengadaan barang dan jasa pemerintah. Sosialisasikan dilakukan dengan Jayapura, Papua, Kamis, 9 November 2023.

Wakil Ketua Satgassus Mabes Polri Novel Baswedan mengatakan sosialisasi pencegahan antikorupsi tersebut merupakan instruksi langsung dari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Dalam sosialisasi tersebut, Satgassus juga  menghadirkan para ahli yang menjadi narasumber.

"Sehingga diharapkan semangat untuk mencegah korupsi bisa dilakukan oleh semua pihak baik dari dunia usaha, pemerintah maupun bidang pengawasan,” kata Novel dalam keterangannya.

Menurut Novel, praktik korupsi dapat menghalangi pembangunan dan juga merugikan banyak orang serta korupsi juga menjadi masalah kemanusiaan dan keberadaan.

“Untuk itu kami harus membangun optimisme sehingga ke depan praktik korupsi bisa dihilangkan,” ujarnya.

Dia menjelaskan untuk menghilangkan praktik antikorupsi membutuhkan semangat dan kerja sama dan semua pihak harus berkontribusi untuk melakukan upaya pencegahan korupsi.

“Tetapi juga semua pihak harus dilibatkan sehingga kami berharap komitmen ini harus dilakukan agar kepentingan dalam memajukan dan menyejahterakan masyarakat di Papua bisa direalisasikan,” ucap dia.

Penjabat Gubernur Papua Ridwan Rumasukun mengatakan tindak pidana korupsi yang ditemukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI di daerah terkait pengadaan barang/jasa sebanyak 309 kasus sejak 2022-2023.

“Tantangan pencegahan korupsi pada pengadaan barang dan jasa (PBJ) pemerintah adalah integritas dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang melaksanakan PBJ,” kata Rumasukun.sinpo

Komentar: