DPR Bahas Hubungan Diplomasi Bilateral Indonesia-Azerbaijan

Laporan: Galuh Ratnatika
Senin, 27 November 2023 | 20:30 WIB
Pertemuan bilateral Indonesia-Azerbaijan (Sinpo.id/DPR)
Pertemuan bilateral Indonesia-Azerbaijan (Sinpo.id/DPR)

SinPo.id -  Dalam pertemuan bilateral dengan Parlemen Azerbaijan yang dipimpin oleh anggota parlemen Azerbaijan Tahir Mirkisili, Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon, membahas hubungan diplomasi antara Indonesia dan Azerbaijan yang sudah terbangun selama 31 tahun.

Adapun pertemuan tersebut digelar sebelum pelaksanaan Sidang Executive Council of the Asian Parliamentary Assembly (APA) di Antalya, Turkiye, pada Minggu 26 November 2023.

"Azerbaijan merupakan parlemen yang aktif, dimana dalam forum-forum internasional Azerbaijan selalu mendukung posisi Indonesia dan DPR RI dalam berbagai isu termasuk proposal emergency item yang kita lakukan di IPU maupun beberapa forum yang lain," kata Fadli, dikutip Senin 27 Agustus 2023.

Ia juga menyampaikan dukungannya terhadap nominasi Azerbaijan untuk Presidensi APA 2023-2024, dan menyampaikan pandangan terkait pentingnya reformasi dalam organisasi APA, agar organisasi internasional tersebut mampu merespon tantangan regional dan global secara lebih efektif.

Dalam kesempatan itu, Fadli juga mengapresiasi hubungan perdagangan antara kedua negara yang telah berjalan secara progresif. Sehingga diharapkan potensi kerja sama dapat lebih diperluas pada berbagai aspek lainnya, seperti kolaborasi di bidang energi hijau dan energi terbarukan, serta pariwisata halal.

"Mungkin lebih ditingkatkan lagi konektivitas agar masyarakat indonesia lebih mengenal Azerbaijan, begitupun sebaliknya," ungkapnya.

Terakhir, DPR RI berharap relasi diplomasi Indonesia-Azerbaijan yang telah dibangun selama puluhan tahun dengan berlandaskan nilai-nilai demokrasi, penghormatan terhadap HAM, hukum internasional, dan pencapaian pembangunan berkelanjutan, dapat semakin diperkuat.sinpo

Komentar: