Basarnas Perpanjang Masa Pencarian Korban Banjir Bandang Humbahas hingga 12 Desember

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Minggu, 10 Desember 2023 | 22:57 WIB
Tim SAR saat mencari korban banjir bandang Humbahas (SinPo.id/ Dok. Basarnas)
Tim SAR saat mencari korban banjir bandang Humbahas (SinPo.id/ Dok. Basarnas)

SinPo.id -  Operasi Search and Rescue (SAR) terhadap korban yang masih dinyatakan hilang atas peristiwa banjir bandang di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara (Sumut), dilanjutkan hingga Selasa, 12 Desember 2023. Hal itu dilakukan mengingat upaya pencarian dan pertolongan hingga hari ketujuh masih belum membuahkan hasil.

Sementara korban yang sudah ditemukan berjumlah dua orang dalam keadaan meninggal dunia dan 10 lainnya masih dinyatakan hilang.

“Dilanjutkan tiga hari. Saat ini saya ikut membantu pencarian dari atas air,” ungkap Kepala Basarnas Sumut, Budiono, dikutip dari laman BNPB, Minggu, 10 Desember 2023.

Skema yang dipakai dalam operasi SAR ini masih menyasar di tiga sektor. Sektor pertama di wilayah perairan baik di atas permukaan maupun di dasar air, kedua di sisi kiri jalan pesisir Danau Toba dan yang ketiga adalah sisi kanan jalan mengarah ke hulu.

“Skema masih sama. Ada tiga sektor yang kita mainkan,” jelas Budiono.

Operasi SAR masih memberdayakan personel gabungan mulai dari tim anjing pelacak K-9 SAR Direktorat Samapta Polda Sumut. Selain itu ada tim alat berat dari BPBD Kabupaten Humbang Hasundutan dan Dinas PUPR guna menyisir sektor dua dan tiga.

Kemudian tim Basarnas Special Group dan Polairud untuk pencarian di sektor satu di dasar Danau Toba serta tim permukaan perairan oleh Basarnas, BPBD Humbang Hasundutan dibantu tim Aquaeye untuk menyisir wilayah perairan dalam menggunakan alat monitor khusus.

Hingga kini, jumlah warga yang mengungsi di Pos Pengungsian Kantor Kecamatan Baktiraja ada sebanyak 151 orang. Terdapat penurunan jumlah pengungsi karena ada sebagian warga yang memilih menetap sementara di rumah kerabat.sinpo

Komentar: