Ini Alasan Prabowo Menolak 'Menyerang Balik' Capres Lain dalam Debat

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 14 Desember 2023 | 11:05 WIB
Prabowo bergandengan dengan para capres di acara debat (Sinpo.id/Ashar)
Prabowo bergandengan dengan para capres di acara debat (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  

Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, mengungkapkan jika calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto menolak untuk menyerang lawan debat pada pada debat Pilpres 2024 yang digelar KPU, Selasa, 12 Desember 2023.

"Ini demi Allah, demi Tuhan nih, Pak Prabowo bilang tidak, enggak boleh (serang lawan debat)," kata Budiman saat ditemui usai acara peluncuran dan pemaparan rekomendasi kebijakan untuk Prabowo-Gibran di Jakarta, Rabu, 13 Desember 2023.

Tak hanya itu, kata Budiman, tim penasihat debatnya sesekali sempat menginstruksikan kepada Prabowo untuk menyerang lawan debat. Mengingat, Prabowo kerap diserang dua capres lainnya, yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

"Maaf kami sebagai tim penasehat debatnya, kadang-kadang nakal, 'Pak sesekali nakal dong agak nembak dikit, biar seru. Toh bapak juga sering ditembak berkali-kali," ujar Budiman.

Dia menjelaskan alasan Prabowo menolak menyerang lawan debat karena Ketua Umum Partai Gerinda itu menginginkan Debat Pilpres 2024 sebagai sarana adu gagasan bukan tempat untuk saling serang.

"Pak Prabowo pengin panggung debat itu menjadi tempat untuk tiga orang ini menjadi shinning (bersinar) untuk moncer (cemerlang)," kata Budiman.

Sebelumnya, dalam debat capres KPU, Prabowo beberapa kali diserang Anies dan Ganjar. Pertama, Anies menuding Prabowo bergabung pemerintah karena tidak tahan menjadi oposisi.

Sementara itu, Ganjar menyinggung soal isu HAM kepada Prabowo. Namun, di tengah serangan itu Prabowo lebih memilih menanggapi pernyataan kedua lawannya dengan santai dan menolak menyerang balik.sinpo

Komentar: