Terminal Kampung Rambutan Mulai Dipadati Pemudik Nataru

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 19 Desember 2023 | 04:27 WIB
Terminal Kampung Rambutan
Terminal Kampung Rambutan

SinPo.id -  Meski libur  Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 masih sepekan lagi, namun Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, mulai dipadati pemudik, Senin 18 Desember 2023. Mereka berangkat menggunakan bus AKAP ke sejumlah tujuan di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sumatera.

Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni mengatakan, selain pemudik terminal ini juag dipenuhi sejumlah pendatang dari berbagai daerah. Rencananya, Posko Arus Mudik Nataru 2024 baru akan dioperasikan, Selasa 19 Desember 2023 besok.

"Posko arus mudik baru dibuka pada Selasa besok. Jadi yang penumpang yang berangkat maupun tiba hari ini belum masuk dalam hitungan arus mudik Nataru," ujar Yulza.

Menurutnya, jumlah penumpang yang berangkat melalui Terminal Bus Kampung Rambutan sejak pukul 07.00 hingga pukul 14.00 ini mencapai 238 penumpang dengan menggunakan 30 bus. 

Mereka umumnya menuju ke sejumlah daerah seperti Cirebon, Cianjur, Kuningan, Brebes, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, Lampung dan sejumlah daerah lainnya. Sebaliknya, jumlah kedatangan penumpang justeru lebih tinggi. Tercatat ada 1.267 penumpang yang tiba menggunakan 142 bus.

Kepala UPT Terminal Dinas Perhubungan DKI, Syamsul Mirwan menambahkan, Posko arus Mudik Nataru akan dibuka mulai Selasa (19/12) besok hingga 3 Januari 2024 mendatang. Posko terpadu ini akan diisi oleh personel gabungan dari unsur TNI, Polri, Dinas Kesehatan DKI, BNNP, Jasa Raharja dan UP PKB Pulogadung.

"Posko di Terminal Kampung Rambutan  disiapkan di ruang tunggu. Di sana personel gabungan akan siaga. Sedangkan untuk petugas UP PKB Pulogadung akan melakukan ramp chek kendaraan di jalur keberangkatan bus AKAP," ujar Syamsul.

Disebutkan, pada 23 Desember nanti juga akan digelar mudik gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.sinpo

Komentar: