ASDP Akan Optimalkan Fasilitas Pelabuhan untuk Dukung Kelancaran Nataru

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 20 Desember 2023 | 01:43 WIB
ASDP
ASDP

SinPo.id -  Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan mengoptimalkan fasilitas pelabuhan dan mempersiapkan skema lalu lintas dalam rangka mendukung kelancaran liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Ia juga meminta ASDP untuk meningkatkan kapasitas layanan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang arus berangkat yang diperkirakan akan terjadi pada Jumat 22 Desember hingga Sabtu 23 Desember, dan arus balik pada Selasa 26 Desember hingga Rabu 27 Desember.

Sedangkan arus berangkat kedua akan terjadi pada Jumat 29 Desember dan Sabtu 30 Desember. Kemudian arus balik pada Senin 1 Januari 2024 hingga Selasa 2 Januari 2024.

"Beberapa hal yang harus menjadi perhatian dan diapresiasi adalah penerapan batasan radius aksesibilitas pembelian tiket online," kata Budi, seraya mengapresiasi persiapan yang telah dilakukan ASDP, dikutip Selasa 19 Desember 2023.

Sementara itu, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin, mengatakan pihaknya akan memaksimalkan sarana prasarana layanan penyeberangan dan melakukan peningkatan di sejumlah fasilitas Pelabuhan, terutama untuk 10 lintasan di 12 cabang terpantau nasional.

Adapun lintasan terpantau nasional pada angkutan Nataru, diantaranya lintas Ajibata-Ambarita, Tanjung Api-Api – Tanjung Kalian, Merak-Bakauheni, Bajoe-Kolaka, Padangbai-Lembar, Ketapang-Gilimanuk, Kayangan-Pototano, Bitung-Ternate, Hunimua-Waipirit, dan Bolok-Rote.

Diperkirakan jumlah penumpang di 10 lintasan tersebut mencapai 3.004.496 orang, 168.419 unit kendaraan roda dua, 325.630 unit kendaraan kecil roda empat, 31.555 unit bus, dan 181.644 unit truk.

"Sejak beberapa bulan lalu, kami telah mempersiapkan sejumlah langkah strategis dan peningkatan layanan demi kesiapan ASDP menghadirkan menghadirkan layanan prima selama Nataru," paparnya.






sinpo

Komentar: