ASDP: Jumlah Kendaraan Masuk ke Pelabuhan Merak Melonjak hingga Tiga Kali Lipat

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 06 April 2024 | 15:36 WIB
Kapal di Pelabuhan Merak
Kapal di Pelabuhan Merak

SinPo.id -  Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin, menegaskan tak ada kemacetan menuju Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.  Menurut dia, hanya ada antrean kendaraan masuk ke pelabuhan. 

"Bukan macet. Kendaraan antre masuk ke kapal," ujarnya dalam sesi jumpa pers di Pelabuhan Merak pada Sabtu 6 April 2024.

Dia mengungkapkan antrean kendaraan masuk Pelabuhan Merak itu terjadi karena jumlah kendaraan yang menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni melebihi kapasitas normal. 

Di luar periode libur Lebaran, kata dia, ASDP menyeberangkan rata-rata 8 ribu kendaraan. Sementara di periode libur Lebaran ini, ASDP menyeberangkan sekitar 24 ribu kendaraan bermotor. 

"Melebihi kapasitas sehari. Normal 8 ribu kendaraan. Ini tiga kali lipat kapasitas normal. Kuota per hari 24 ribu unit kendaraan," tuturnya.

Mulai Sabtu ini hingga Senin 8 April 2024 pukul 23.59 WIB, tiket penyeberangan di Pelabuhan Merak untuk Dermaga Eksekutif dan Reguler sudah habis terjual. Penjualan tiket dibuka kembali pada Selasa 9 April 2024 mulai pukul 00.00 WIB. 

Dia meminta para pemudik yang sudah memiliki tiket untuk menyesuaikan waktu masuk ke pelabuhan. Sementara itu, bagi mereka yang belum memiliki tiket untuk membeli tiket sebelum masuk pelabuhan.

"Mengatur kembali waktu dan jadwal perjalanan. Bagi yang sudah punya tiket tanggal hari ini dan besok datang sesuai tanggal," kata dia. 

Adapun untuk mengantisipasi antrean kendaraan, kata dia, aparat kepolisian sudah merekayasa arus lalu lintas. 

"Polisi melakukan buka tutup. Kendaraan seharusnya mengalir dan pengguna jasa bisa ditampung," tambahnyasinpo

Komentar: