Debat Cawapres, Gibran: IKN Merupakan Simbol Pemerataan Pembangunan

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 22 Desember 2023 | 21:48 WIB
Cawapres Gibran Rakabuming (SinPo.id/ Ashar)
Cawapres Gibran Rakabuming (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menjelaskan ihwal pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN). Menurut dia, IKN bukan hanya sekadar membangun bangunan. Akan tetapi, IKN merupakan simbol pemerataan pembangunan.

"IKN ini bukan hanya saja membangun bangunan pemerintahan, tapi juga sebagai simbol pemerataan pembangunan di Indonesia, tetapi juga simbol transformasi di Indonesia," kata Gibran saat menyampaikan visi dan misi di debat Cawapres di JCC, Jumat, 22 Desember 2023.

Bahkan Gibran menyebut jika IKN ini bakal membuka titik pertumbuhan ekonomi baru dan membuka lapangan kerja yang dapat mengurangi akan pengangguran. 

"Pembangunan IKN yang berkelanjutan ini akan membuka titik pertumbuhan ekonomi baru, akan membuka akses dan juga konektivitas sekaligus membuka lapangan kerja," ungkap dia. 

Lebih jauh, Gibran menyampaikan, nilai investasi yang ada diluar pulau Jawa mencapai 53 persen. Sebabnya, pemerataan pembangunan sekarang tidak hanya terfokus di pulau Jawa. 

"Pemerataan pembangunan itu wajib, sekarang investasi uang ada di luar Jawa sudah ada 53 persen,"  ujar Gibran. 

Diketahui, tema debat kedua mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.sinpo

Komentar: