Eks Gubernur Papua Lukas Enembe Meninggal Dunia

Laporan: david
Selasa, 26 Desember 2023 | 14:04 WIB
Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe. (Ashar/SinPo.id)
Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe. (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id - Mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Selasa 26 Desember 2023. Lukas meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta sekitar pukul 10. 00 WIB.

"Menurut keterangan keluarga mendiang, yang setia mendampingi dan merawat beliau, Bapak Pianus Enembe, sebelum meninggal, Bapak Lukas minta berdiri, kemudian Bapak Pianus membantu Pak Lukas untuk berdiri, dengan memegang pinggang Bapak Lukas, tidak lama berdiri, Bapak Lukas mengembuskan nafas terakhirnya," kata kuasa hukum Lukas Enembe, Antonius Eko Nugroho dalam keterangannya.

Antonius menuturkan, berdasarkan keterangan Pianus, Lukas sendiri yang meminta berdiri. Lukas, katanya ingin menunjukkan kuat. 

"Begitu, Bapak Lukas tidak bernafas lagi, langsung kami tidurkan dan memanggil  dokter. Sudah diberikan tindakan, tetapi Bapak sudah meninggal," kata Antonius menirukan keterangan Bapak Pianus. 

Menurut keterangan adik Bapak Lukas, Bapak Elius Enembe, jenazah Lukas Enembe akan dibawa ke Jayapura, Papua pada Rabu 27 Desember 2023 malam.

Lukas diketahui berstatus sebagai terdakwa perkara dugaan suap dan gratifikasi di Pemprov Papua. Lukas divonis 8 tahun pidana penjara oleh Pengadilan Tipikor Jakarta. Hukuman Lukas diperberat menjadi 10 tahun pidana berdasarkan putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.sinpo

Komentar: