Kedubes Israel di India Dibom

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 28 Desember 2023 | 08:49 WIB
Lokasi ledakan bom di Kedubes Israel (Sinpo.id/Reuters)
Lokasi ledakan bom di Kedubes Israel (Sinpo.id/Reuters)

SinPo.id -  Israel telah mengeluarkan peringatan perjalanan bagi warganya di India setelah adanya ledakan di dekat kedutaan besarnya di daerah Chanakyapuri, Delhi. Tidak ada yang terluka dalam insiden tersebut, namun di lokasi kejadian ditemukan surat berisi kata-kata kasar yang ditujukan untuk Duta Besar Israel.

Dengan mengeluarkan peringatan perjalanan, pemerintah Israel mendesak warganya di India untuk menghindari tempat-tempat ramai seperti mal dan pasar, dan menghindari acara berskala besar di tengah perayaan Natal di ibu kota.

Pihaknya juga meminta kepada warga Israel untuk meningkatkan kewaspadaan di tempat umum, dan juga merekomendasikan agar warga Israel tidak menampilkan simbol-simbol Israel secara terbuka atau mempublikasikan rencana perjalanan, foto-foto, serta detailnya di media sosial.

"Polisi Delhi telah meluncurkan penyelidikan atas insiden tersebut," kata juru bicara kedutaan Israel, Guy Nir, dilansir dari The Imdependent, Kamis 28 Desember 2023.

Berdasarkan video yang beredar terkait ledakan tersebut, terlihat tim forensik dan pasukan anjing dari unit kontra-terorisme Garda Keamanan Nasional India, berada di lokasi ketika ibu kota masih diselimuti kabut asap.

Kemudian setelah pemeriksaan rekaman CCTV dilakukan, polisi Delhi mengatakan bahwa pihaknya yakin ada dua tersangka yang terlibat. Sementara surat yang ditujukan kepada duta besar Israel itu ditandatangani atas nama Sir Allah Resistance.

Warga Israel di seluruh dunia saat ini berada dalam siaga tinggi di tengah meningkatnya serangan antisemitisme sejak Israel melancarkan perang di Gaza.

Terlebih dunia sedang dalam kemarahan akibat kekejaman yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina, hingga menyebabkan banyak korban berjatuhan. sinpo

Komentar: