Israel Berencana Ambil Alih Kendali Perbatasan Jalur Gaza dengan Mesir

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 31 Desember 2023 | 12:32 WIB
Perbatasan Gaza dan Mesir (Sinpo.id/Gettyimages)
Perbatasan Gaza dan Mesir (Sinpo.id/Gettyimages)

SinPo.id -  Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu berencana mengambil kendali perbatasan Jalur Gaza dengan Mesir secara penuh untuk memastikan demiliterisasi wilayah tersebut.

“Koridor Philadelphi atau lebih tepatnya, titik penutupan selatan Gaza harus berada di tangan kita. Harus ditutup,” kata Netanyahu, dalam konferrnsi pers, dilansir dari ABC, Minggu 31 Desember 2023.

Pasalnya, Israel menduga perbatasan sepanjang 14,5 km, yang saat ini dikuasai Mesir, dilintasi oleh jaringan terowongan dan digunakan untuk menyelundupkan senjata dan barang-barang komersial. Namun dugaan tersebut tidak mendasar.

Tetapi jika rencana Netanyahu untuk menguasai perbatasan antara Gaza dan Mesir terealisasi, maka Gaza akan sepenuhnya berada di bawah kendali eksklusif Israel.

Saat ini pasukan Israel juga terus melancarkan serangan ke wilayah tengah dan selatan Gaza. Pertempuran terfokus di al-Bureij, Nuseirat, Maghazi dan Khan Younis, dimana Israel menargetkan fasilitas medis terbesar di selatan wilayah padat penduduk,

Menurut Otoritas Kesehatan Gaza, pemboman yang dilakukan Israel itu juga telah menewaskan 165 orang dan melukai 250 lainnya di Gaza selama 24 jam terakhir.sinpo

Komentar: