Ribuan Orang di Beirut Turun ke Jalan untuk Berikan Penghormatan Terakhir pada Wakil Ketua Hamas

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 05 Januari 2024 | 08:11 WIB
Foto: AP
Foto: AP

SinPo.id -  Ribuan orang turun ke jalan di Beirut, Lebanon, untuk menghadiri pemakaman Wakil Pemimpin Hamas yang terbunuh awal pekan ini dalam serangan pesawat tak berawak Israel di ibu kota Lebanon.

Dalam foto-foto dan video yang beredar, terlihat peti mati Arouri bersama dengan dua peti jenazah pemimpin brigade Al Qassam lainnya, yakni Samir Effendi dan Azzam al-Aqraa Abu Ammar, yang juga tewas dalam serangan itu, dibungkus dengan bendera Palestina dan Hamas.

Dilansir dari The Guardian, ketiga peti tersebut pertama-tama dibawa ke masjid untuk disalatkan sebelum dibawa ke pemakaman para pejuang Palestina di Beirut.

Di antara ribuan orang yang berduka, terlihat para pejabat Palestina, termasuk pejabat tinggi Hamas Moussa Abu Marzouk, serta perwakilan dari beberapa kelompok politik Lebanon, yang ikut menghadiri pemakaman untuk memberikan penghormatan terakhir.

Diketahui, Arouri dan enam anggota Hamas lainnya tewas dalam serangan di sebuah apartemen di distrik Musharafieh di Beirut selatan, yang merupakan basis kelompok Hizbullah yang didukung Iran.

Ia merupakan pemimpin paling senior Hamas, sekaligus sosok yang memimpin kelompok pejuang Hamas di Tepi Barat, dan juga merupakan penghubung penting dengan Hizbullah yang kerap mendapat ancaman dari Israel.

“Saya menunggu kematian dan saya pikir saya telah hidup terlalu lama,” kata Al-Arouri pada Agustus 2023, menyinggung ancaman Israel untuk melenyapkan para pemimpin Hamas, baik yang berada di Gaza.

Pembunuhan Arouri kemungkinan akan mempersulit negosiasi antara Hamas dan Israel mengenai sandera yang ditahan Hamas di Gaza, karena Arouri memiliki peran kunci dalam negosiasi pembebasan para tawanan.sinpo

Komentar: