PDIP Sebut Ketidakhadiran Jokowi Dalam HUT ke-51 Tak Ganggu Elektabilitas Ganjar

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 06 Januari 2024 | 19:18 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (SinPo.id/ Ashar)
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memastikan ketidakhadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada peringatan HUT ke-51 PDIP tidak akan berdampak terhadap elektabilitas capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md pada Pilpres 2024.

"Desain berbeda pada HUT tahun ini melibatkan akar rumput, itu yang akan menentukan elektoral," kata Hasto dalam konferensi pers persiapan HUT ke-51 PDI P, di Jakarta, Sabtu, 6 Januari 2024.

Dia mengatakan perayaan HUT ke-51 PDIP tahun ini akan digelar berbeda dengan perayaan di tahun-tahun sebelumnya. Dengan mengusung tema 'Satyana meva Jayate' yang berarti Kebenaran Pasti Menang, PDIP akan merayakan hari jadinya di tengah-tengah masyarakat yang menjadi basis suara.

"Ulang tahun nanti akan diwarnai gerakan turun ke bawah dan akan dilakukan di basis-basis rakyat tingkat RT/RW," kata dia.

Dengan perayaan yang berbeda tersebut, PDIP akan mengerahkan kekuatan rakyat di basis-basis tersebut untuk memompa elektabilitas Ganjar-Mahfud.

"PDI Perjuangan menghadapinya dengan kekuatan rakyat untuk menentukan elektoral" ujarnya.

Presiden Jokowi disebut berpeluang tidak akan hadir dalam HUT PDIP ke-51 pada 10 Januari 2024. Sebab, Jokowi dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke sjeumlah negara.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan Jokowi akan mengunjungi beberapa negara ASEAN.

"Ada rencana memang (Jokowi) kunjungan ke luar negeri tetapi kepastiannya masih nanti saya update ke teman-teman (wartawan). Ada rencana (Jokowi) ke beberapa negara di ASEAN," kata Ari kepada wartawan, Jakarta, Jumat, 5 Januari 2024.

Ari tak bisa memastikan berapa lama Jokowi akan ke luar negeri. Ari juga belum mengetahui apakah sudah ada undangan HUT PDIP ke Jokowi.

"Saya belum update. Nanti saya cek dulu ya," kata Ari.sinpo

Komentar: