Kapuspen: Netralitas TNI di Pemilu 2024 Sudah Final

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 06 Januari 2024 | 20:15 WIB
Logo TNI
Logo TNI

SinPo.id - Kapuspen TNI Mayjen Nugraha Gumelar menegaskan, jati diri TNI salah satunya adalah tentara rakyat. Pasalnya, mulai awal proses perjuangan berdirinya negara sampai dengan saat ini, TNI selalu bersama rakyat.

Menurutnya, netralitas TNI pada perhelatan Pemilu 2024 tidak perlu diragukan lagi. Bahkan TNI sudah meluncurkan Posko Pengaduan Netralitas TNI di penghujung tahun 2023 silam.

"TNI memegang teguh Netralitas TNI pada Pemilu 2024, itu sudah final," ujar Nugraha dalam keterangannya, Sabtu, 6 Januari 2024.

Koridor TNI, sambung Nugraha, jelas yakni netralitas TNI harga mati. Hal ini juga disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto pada berbagai kesempatan.

"TNI mengharapkan Pemilu 2024 dilaksanakan secara aman dan damai, perintah Panglima TNI terkait netralitas sudah sangat jelas dan sudah disampaikan kepada seluruh prajurit, apabila ada pelanggaran terkait pelaksanaan perintah tersebut pasti ada sanksi yang tegas. Panglima TNI memerintahkan jajarannya untuk menahan diri agar tidak terprovokasi dan mudah diadu domba oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," paparnya.

Nugraha juga menyampaikan pesan dari Panglima untuk  memerintahkan anggota TNI untuk mengedepankan pembinaan teritorial dan komunikasi sosial dalam pelaksanaan tugas di masyarakat.

"Kepada seluruh prajurit TNI dimanapun berada, jaga Netralitas TNI,  jaga keamanan dan kedamaian,  bantu dan jadikanlah dirimu sebagai solusi untuk mengatasi kesulitan masyarakat di lingkungan sekitar tempat tugas masing-masing," kata dia.

Nugraha menghimbau  kepada seluruh lapisan masyarakat untuk melaksanakan Pemilu 2024 dengan aman dan damai, saling menjaga keamanan, ketertiban di  masyarakat.

"Stop penyebaran berita bohong, saling menghormati dan menghargai antar elemen bangsa sebagaimana budaya luhur bangsa Indonesia," pungkasnya.sinpo

Komentar: