KCIC Sediakan Parkir Kendaraan di Stasiun Kereta Cepat Whoosh

Laporan: Tim Redaksi
Selasa, 09 Januari 2024 | 12:29 WIB
Lokasi Park and Ride di Stasiun Kereta Cepat Whoosh. (SinPo.id/KCIC)
Lokasi Park and Ride di Stasiun Kereta Cepat Whoosh. (SinPo.id/KCIC)

SinPo.id - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyediakan fasilitas park and ride yang aman dan nyaman bagi penumpang di stasiun Kereta Cepat Whoosh untuk memudahkan penumpang yang bepergian diantara Jakarta dan Bandung hanya dalam satu hari.

"Banyak penumpang yang memanfaatkan Whoosh pagi dari Halim, kemudian berlibur di Bandung, dan kembali ke Jakarta di malam hari. Penumpang tidak perlu lagi repot-repot menggunakan kendaraan sendiri ke Bandung dan cukup memanfaatkan fasilitas parkir yang nyaman dan aman yang telah KCIC sediakan," kata General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam keterangannya pada Selasa, 9 Januari 2023

Ia mengatakan, 48 persen penumpang kereta cepat Whoosh adalah masyarakat yang sebelumnya menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Jakarta atau Bandung.

Oleh karena itu, diperlukan fasilitas park and ride yang nyaman agar semakin banyak masyarakat yang menggunakan transportasi umum.

KCIC menyediakan fasilitas Park and Ride di Stasiun Kereta Cepat Halim dengan kapasitas 212 mobil dan di Stasiun Kereta Cepat Tegalluar dengan kapasitasnya mencapai 107 mobil dan 220 motor.

Adapun untuk fasilitas Park and Ride di Stasiun Bandung dan Padalarang juga telah tersedia di area parkir stasiun milik KAI.

Selain berdasarkan jam, layanan parkir di Stasiun Kereta Cepat juga mengakomodir fasilitas menginap.

Untuk kemudahan transaksi dan mendukung gerakan non tunai, pembayaran parkir di kedua stasiun kereta cepat tersebut seluruhnya sudah menggunakan kartu uang elektronik.

Eva menjelaskan, KCIC bersama operator pengelola jasa parkir juga sudah menempatkan petugas dan fasilitas keamanan yang senantiasa menjaga kendaraan penumpang, sehingga penumpang tidak perlu khawatir jika ingin menyimpan dan menitipkan mobil di area parkir stasiun.

Ia menambahkan, berbagai fasilitas dan layanan KCIC hadirkan untuk terus mendorong budaya baru di masyarakat sejak kehadiran Whoosh.

"Bepergian Jakarta-Bandung dalam satu hari dan beralih dari penggunaan transportasi pribadi ke umum merupakan hal-hal yang terus KCIC dukung melalui kehadiran Whoosh beserta fasilitas-fasilitas pendukungnya," kata Eva.sinpo

Komentar: