KERETA CEPAT WHOOSH

KCIC Bantah Gerbong Kereta Whoosh Disebut Bocor

Laporan: Tio Pirnando
Jumat, 12 April 2024 | 19:56 WIB
Kereta Cepat Whoosh (Sinpo.id/Ashar)
Kereta Cepat Whoosh (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id - General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa, membantah kabar kebocoran di lantai gerbong Kereta Cepat Whoosh saat sedang melintas di Stasiun Tegalluar, Bandung, Jawa Barat. Adapun air yang masuk ke dalam gerbong, berasal dari tampias air hujan.

"Saat kejadian di Stasiun Tegalluar terdapat satu rangkaian yang sedang melayani proses naik penumpang, yakni rangkaian kereta G 1234. Adapun kondisi yang terdampak tampias air hujan terjadi pada kereta 1 dan kereta 6," kata Eva dalam keterangannya, Jumat, 12 April 2024.

Eva menyampaikan, saat itu, cuaca di area peron Stasiun Tegalluar dalam kondisi hujan deras disertai angin kencang. Dengan demikian, air hujan yang terbawa angin masuk ke dalam gerbong lewat pintu-pintu yang masih terbuka.

"Sehingga, air hujan yang terbawa angin kencang mengarah ke dalam melalui pintu kereta yang sedang terbuka," katanya.

Petugas yang berada di lokasi, langsung melakukan pengeringan di seluruh area yang terkena tampias air hujan. Dalam kurun waktu 5 menit, kondisi kereta 1 dan 6 yang terdampak tampias air hujan, sudah kering seperti semula.

"KCIC memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan penumpang Whoosh dengan nomor perjalanan KA G 1234 relasi Tegalluar-Halim keberangkatan pukul 14.00 WIB," ucap dia.

Menurut Eva, permohonan maaf atas ketidaknyamanan juga telah disampaikan langsung oleh kondektur kepada seluruh penumpang selama perjalanan.  

"Kereta Cepat Whoosh didesain dan diproduksi sebaik mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh penumpang. KCIC berkomitmen untuk terus menyediakan layanan yang prima dan optimal kepada penumpang," tukasnya.

Sebelumnya, Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Whoosh yang disebut mengalami kebocoran akibat hujan deras mendadak viral di media sosial.

Berdasarkan pantauan di akun X @Zer*****, kebocoran tersebut mulai tampak saat kereta masih berada di Stasiun Tegalluar, Gedebage, Bandung, Jawa Barat. Peristiwa tersebut terjadi pada Jumat, 12 April, sekitar pukul 14.00 WIB.

"Utang belum lunas, Whoosh butuh pemeliharaan," tulis akun X itu.

Salah satu saksi mata yang mengetahui peristiwa tersebut mengatakan, kebocoran terjadi di antara sambungan gerbong 5 dan 6. Sehingga, menyebabkan adanya rembesan air di lantai gerbong kereta.sinpo

Komentar: