Pemerintah Diminta Percepat Penyaluran Bantuan ke Korban Banjir dan Longsor

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 09 Januari 2024 | 16:18 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Ketua DPR RI Puan Maharani (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengingatkan pemerintah, khususnya Pemda agar mempercepat penyaluran bantuan kepada korban longsor dan banjir. Terutama bantuan logistik yang sangat dibutuhkan warga.

Pasalnya, jumlah bencana hidrometeorologi yang kini terjadi di sejumlah daerah meningkat, dan membuat ratusan masyarakat terpaksa mengungsi.

"Pastikan juga tempat pengungsiaan dalam keadaan nyaman, khususnya bagi bayi dan anak, lansia, ibu hamil serta ibu menyusui. Petugas medis harus selalu siap di titik-titik pengungsian,” kata Puan melalui keterangan tertulisnya, Selasa 9 Januari 2024.

Di samping itu, ia juga meminta Pemda untuk bekerja sama dengan BPBD, TNI/Polri, dan instansi terkait lainnya demi mengoptimalkan keselamatan warga, karena banyak warga yang dilaporkan hilang akibat longsor. Terutama di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. 

“Tim gabungan harus bisa bergerak cekatan dan seirama dalam mencari warga yang dilaporkan masih hilang, dan kita berharap mereka dapat ditemukan dalam keadaan selamat,” tegasnya.

Setelah menerima laporan bencana yang bertubi-tubi, Puan berharap jajaran perangkat Pemda di Indonesia dapat selalu bersikap waspada dan siaga terhadap bencana, khususnya bagi yang berada di daerah rawan bencana alam.

“Jika mitigasi sudah dilakukan sebaik-baiknya, kini saatnya Pemerintah bersinergi dengan semua instansi terkait memastikan masyarakat tetap dalam kondisi aman saat musibah bencana datang,” katanya menambahkan.sinpo

Komentar: