Cegah Gagal Panen, TNI-Polri Bersama Petani di Purwodadi Berburu Tikus

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 12 Januari 2024 | 22:17 WIB
TNI-Polri bersama warga Purwodadi berburu tikus (SinPo.id/ Humas Polri)
TNI-Polri bersama warga Purwodadi berburu tikus (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Polri bersama warga menggelar gropyokan (berburu) tikus di Desa Nglobar Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Kegiatan ini dilakukan pada Jumat, 12 Januari 2024.

TNI-Polri bersama petani turun langsung ke sawah membasmi dan memberantas hama tikus secara bersama-sama.
 
Kapolsek Purwodadi AKP Dedy Setyanto mengatakan, merebaknya hama tikus ini mendapat perhatian khusus dari TNI dan Polri. Jika dibiarkan, hama tikus dapat membuat petani gagal panen.

"Agar petani tak gagal panen, anggota TNI dan Polri dari Koramil dan Polsek Purwodadi turun gunung bersama warga menggelar gropyokan tikus," ujar Dedy dikutip dari laman resmi Polri.
 
Keikutsertaan TNI dan Polri dalam gropyokan tikus ini, kata Dedy, untuk menjaga semangat budaya Indonesia, yakni gotong royong.

Aksi memberantas tikus ini, juga sebagai upaya bersama agar hama tikus tidak menyebar dan berkembang biak sebelum masuk masa tanam.

“Ini harus kita rawat, semangat kebersamaan dan semangat persatuan. Selain itu, gropyokan tikus juga merupakan pengendalian hama tikus sawah yang ramah lingkungan,” ujar dia.

Dedy menjelaskan, gropyokan tikus ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi penggunaan jebakan tikus dengan aliran listrik yang dipandang sangat berbahaya.

"Dalam kegiatan ini, berhasil didapatkan sejumlah 97 ekor tikus," tandasnya.sinpo

Komentar: