Soal Transisi ke Energi Hijau, Gibran: Amdal Itu Penting

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 21 Januari 2024 | 21:05 WIB
Gibran Rakabuming (Sinpo.id/Ashar)
Gibran Rakabuming (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mengatakan dalam pelaksanaan menuju transisi ke energi hijau upaya menjaga keseimbangan alam tetap perlu diperhatikan.

Hal itu disampaikan Gibran dalam debat cawapres 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu, 21 Januari 2024.

"Dalam pelaksanaannya tentu, amdal itu penting, analisis lingkungan juga penting, suistanablity report wajib juga, dan jangan ada alih fungsi lahan yang merugikan pengusaha lokal, UMKM lokal, dan juga masyarakat adat setempat," kata Gibran.

"Sekali lagi, potensi energi baru terbarukan juga luar biasa sekali, ada energi surya, angin, air, bioenergi, panas bumi. dan kita punya potensi yang besar sekali 3.686 giga watt," sambung Gibran.

Walikota Solo itu juga mengatakan Indonesia tak boleh lagi ketergantungan dengan energi fosil. Dia mengatakan Indonesia harus mendorong perubahan ke energi terbarukan.

"Kita dorong terus energi hijau yang berbasis bahan baku nabati seperti yang saya katakan tadi, bioetanol, bioavtur, biodiesel," kata Gibran.

Menurutnya, kebijakan tersebut sudah menunjukkan hasil positif. Selain itu, kebijakan tersebut juga meningkatkan nilai tambah produksi dalam negeri.

"Sekarang sudah terbukti, dengan adanya B35 dan B40 dapat menurunkan nilai impor minyak kita, meningkatkan nilai tambah produksi sawit di dalam negeri dan juga lebih ramah lingkungan," tukas dia.
sinpo

Komentar: