Jokowi Resmikan Jalan Akses Evakuasi Gunung Merapi

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 22 Januari 2024 | 15:37 WIB
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/Setpres)
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pelaksanaan Inpres jalan daerah ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur, dan Petung-Pakis di Kabupaten Magelang. Empat ruas jalan ini merupakan akses evakuasi Gunung Merapi.

Jokowi menjelaskan di tahun 2023, anggaran Inpres jalan daerah adalah sebesar Rp 14,6 triliun. Sementara yang digelontorkan ke provinsi Jawa Tengah sebesar Rp 1,36 triliun untuk memperbaiki dan membangun 40 ruas jalan.

"Dan di kabupaten Magelang, dibangun empat ruas jalan sepanjang 18,2 kilometer dengan biaya Rp 31,9 miliar. Ruas Muntilan-Keningar, Sukomakmur ini adalah akses evakuasi untuk Merapi. Sehingga perlu, saya lihat, saya tinjau, sudah selesai," kata Jokowi dalam keterangannya, dikutip Youtube Sekretariat Presiden, Senin, 22 Januari 2024.

Jokowi berharap ruas jalan yang baru diresmikan ini dapat bertahan lama, sebab tidak dibuat dengan aspal.

"Dibangunnya jalan ini tidak dengan aspal tapi rigid beton, ini akan memberikan keawetan karena yang lewat di sini adalah truk-truk pasir, (truk) besar, sehingga dibangun dengan rigid beton, kita harapkan ini lebih awet," ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Walikota Solo itu juga berharap ruas-ruas jalan yang ada di Jawa Tengah lebih mulus dan lebih baik lagi ke depannya.

"Dan besok saya akan melihat beberapa ruas yang lainnya," tandasnya.sinpo

Komentar: