Pejuang Hamas Geruduk Kamp Militer Israel, 21 Tentara Tewas

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Rabu, 24 Januari 2024 | 10:44 WIB
Tentara Israel (SinPo.id/ AFP)
Tentara Israel (SinPo.id/ AFP)

SinPo.id - Militer Israel mengatakan sedikitnya 21 tentaranya tewas dan beberapa lainnya terluka dalam sebuah penyergapan oleh para pejuang Palestina di tengah Jalur Gaza.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara militer Israel Daniel Hagari mengatakan, insiden itu terjadi di dekat perbatasan Kissufim ketika Hamas menyerang tentara yang berusaha menghancurkan infrastruktur militer kelompok perlawanan Palestina.

Para pejuang Hamas menembakkan granat berpeluncur roket ke tank Israel. Sementara, secara bersamaan, sebuah ledakan menyebabkan dua bangunan berlantai dua runtuh.

“Bangunan itu pun runtuh akibat ledakan ini, sementara sebagian besar pasukan berada di dalam dan di dekat bangunan tersebut,” ujar Hagari seperti dilansir dari Anadolu, Rabu, 24 Januari 2024.

Hagari mengatakan penyelidikan telah dilakukan atas insiden tersebut karena ledakan tersebut disebabkan oleh ranjau yang ditanam oleh tentara Israel, meskipun penyebab ledakan tersebut belum dapat dikonfirmasi.

Pihak militer mempublikasikan nama 10 tentara, sementara keluarga dari 11 tentara lainnya telah diberitahu.

Kematian tersebut menambah jumlah korban tewas tentara Israel di Gaza sejak serangan darat dimulai pada 27 Oktober menjadi 219 orang, sementara jumlah keseluruhan korban tewas tentara sejak peluncuran serangan Israel terhadap Gaza pada 7 Oktober telah mencapai 556 orang.

Israel telah menggempur Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh kelompok perlawanan Palestina Hamas pada 7 Oktober, menewaskan sedikitnya 25.295 warga Palestina dan melukai 63.000 orang. Hampir 1.200 warga Israel diyakini tewas dalam serangan Hamas.sinpo

Komentar: