Puncak Harlah Ke-101 NU Digelar di Yogyakarta, Berikut Rangkaiannya

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 27 Januari 2024 | 17:54 WIB
Logo harlah ke-101 NU (SinPo.id/ NU Online)
Logo harlah ke-101 NU (SinPo.id/ NU Online)

SinPo.id - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menggelar Puncak Resepsi Hari Lahir (Harlah) Ke-101 tahun pada 31 Januari 2024. Rangkaian acara harlah akan berlangsung di Yogyakarta. NU genap berusia 101 tahun pada 28 Januari mendatang dalam penanggalan Hijriah, tepatnya 16 Rajab 1445 H.

Ketua Panitia Pelaksana Harlah Ke-101 NU Syarif Munawi menyampaikan bahwa kegiatan ini akan dibuka dengan Istighatsah di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Bantul, Yogyakarta pada Minggu, 28 Januari 2024.

"Istighatsah akan dipimpin langsung oleh Katib Aam PBNU KH Akhmad Said Asrori dan diisi mauidhah hasanah oleh Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar. Kegiatan ini akan diikuti oleh warga dan pengurus NU Bantul, para kiai pesantren di Bantul, serta santri Pondok Pesantren Sunan Pandanaran," kata Syarif dalam tertulis yang diterima, Sabtu, 27 Januari 2024.

Kemudian pada Senin, 29 Januari 2024, kegiatan dilanjutkan dengan Halaqah Nasional Strategi Peradaban Nahdlatul Ulama yang digelar di Pondok Pesantren Al-Munawwir, Krapyak, Yogyakarta.

Kegiatan ini akan diisi oleh empat pembicara, yakni Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf; Wakil Rais Aam PBNU KH Afifuddin Muhajir; COO Center for Shared Civilizational Values, North Caroline, USA H Muhammad Cholil; dan pengajar di Boston University, USA Prof Robert W Hefner. 

Selanjutnya pada Selasa, 30 Januari 2024, PBNU juga akan menyelenggarakan Konferensi Besar (Konbes) NU di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta.

"Kegiatan Konbes NU kali ini akan fokus membahas Peraturan Perkumpulan (Perkum) yang mengatur dasar dan wewenang pembahasan dan penetapan hukum, metode dan proses pengambilan keputusannya, serta hal-hal terkait lainnya," jelasnya.

Sementara itu, pada puncak Harlah ke-101 NU yang berlangsung di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta, Rabu, 31 Januari 2024, ada tujuh rangkaian kegiatan sebagai berikut:

1. Prosesi Peresmian Gedung Kampus Terpadu UNU Yogyakarta oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo;

2. Penyerahan Penghargaan kepada KH. Ahmad Shiddiq (Rais Aam PBNU 1984-1991) sebagai Tokoh Pelopor Persaudaraan Kemanusiaan;

3. Prosesi Kick off Pembangunan MBZ College for Future Studies;

4. Prosesi Peresmian Galeri Seni Nusantara;

5. Peresmian Industry Hub oleh Presiden Republik Indonesia;

6. Pertunjukan Teknologi Imersif: Ekspedisi Masa Depan;

7. Penampilan Teatrikal “NU Masa Depan”.

"Kegiatan ini akan dihadiri secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, Sultan Hamengkubuwono X, Menteri Energi dan Infrastruktur Uni Emirat Arab Sheikh Suhail Mohammed Al Mazroei, duta besar dari beberapa negara, serta tamu-tamu kehormatan lain yang merupakan mitra strategis UNU Yogyakarta," tandasnya.sinpo

Komentar: